Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 20 Juli 2017 | 18:28 WIB
  • Smartphone Dual Camera yang Bisa Diandalkan

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Smartphone Dual Camera yang Bisa Diandalkan
Photo :
  • Dok. Oppo
Oppo F3 Black Edition

VIVA.co.id – Dua lebih baik ketimbang satu. Ungkapan ini sedang naik daun di kalangan pengguna smartphone, khususnya yang memiliki dual camera. Dua kamera memang lebih baik ketimbang hanya satu.

Penggunaan dual kamera memang sedang menjadi tren di industri smartphone saat ini karena diyakini bisa memberikan hasil gambar yang lebih indah, melampaui batas yang sebelumnya dihasilkan. Menurut laman Ubergizmo, kamera tambahan dalam sebuah smartphone kerap memiliki fungsi yang baru, entah itu untuk membuat foto lebih artistik, atau untuk efek foto yang lebih menarik.

"Dual kamera pada smartphone memiliki kemampuan dalam menghasilkan tiga hal, yakni Portrait Photo, Telephoto, dan Wide-angle photo," tulis Ubergizmo dikutip Kamis 20 Juli 2017.

Dalam industri, beberapa pabrikan yang sudah mengeluarkan smartphone dual camera adalah HTC M8, Huawei P9 atau P10, iPhone 7+, LG, Vivo dan juga Oppo. Empat merek pertama ada yang tidak masuk ke pasar Indonesia, namun ada juga yang telah dijual namun dengan harga yang lumayan mahal.

Oppo dan Vivo bersaing cukup ketat untuk pasar dual camera berharga terjangkau. Yang menarik, Ubergizmo menyarankan untuk memilih smartphone dual camera dengan fungsi wide angle. Untuk urusan yang satu ini, hanya ada di Oppo F3 dan F3 Black Edition.

Ubergizmo menjelaskan bahwa fotografi wide angle sangat bisa diandalkan untuk bisa menghasilkan foto yang tidak umum. Wide angle bisa menangkap gambar lebih banyak, background yang lebih lebar. Fitur ini sangat bisa diandalkan untuk memotret beramai-ramai, saat ada konser, menangkap objek gedung tinggi, atau hal lain yang tidak bisa dipotret oleh lensa biasa.

"Ini merupakan yang terbaik, lebih bernilai, dan merupakan implementasi sebenarnya dari sebuah dual lensa yang tren saat ini. Orang akan lebih sering menggunakannya," tulis laman tersebut.

Oppo F3 Black Edition menandai upgrade dari lini seri Selfie Expert Oppo yang membawa pembaharuan pada fungsi kamera depan. Perangkat ini membawa kemampuan 'Selfie Expert' namun dengan melakukan evolusi tren baru group selfie. Kamera depan ganda (16MP + 8MP) dengan sudut ultra lebar) merespons dengan baik tren gaya hidup kaum urban dan generasi muda yang aktif dalam sosial media.

Sudut ultra-lebar, 120 derajat, kamera depan dengan lensa 6P memberikan tampilan pandang yang lebih besar, dua kali lebih besar dari pada kamera selfie biasa. Lensa 6P memecahkan tantangan Utama kamera depan untuk menangkap banyak orang dalam satu bingkai foto, namun mempertahankan kualitas gambar tingkat tinggi dengan distorsi gambar minimal.

Kamera depan lainnya menggunakan resolusi 16 MP, sensor 1/3-inch dan aperture besar f / 2.0. Ini juga mewarisi keunggulan yang terlihat pada ponsel Selfie Expert sebelumnya, termasuk: dynamic range yang tinggi, kedalaman yang jelas dan noise yang minim. 

Tidak hanya di situ. Kamera depan untuk selfie di Oppo F3 Black Edition juga dilengkapi dengan beragam fitur tambahan lainnya. Ada Beauty 4.0 untuk membuat wajah lebih mulus dan merona, time-lapse untuk mempercepat perekaman video, dan juga panorama untuk sudut pandang foto yang lebih luas. (ase)