Facebook Bikin Smartphone?

Ilustrasi paten yang diajukan Facebook
Sumber :
  • www.uk.businessinsider.com/Facebook

VIVA.co.id – Facebook menimbulkan teka-teki dan spekulasi setelah mengajukan paten sebuah perangkat ke United States Patent and Trademark Office. Dalam rilis dokumen pengajuan paten, Facebook menuliskan paten yang diajukan tersebut merupakan perangkat elektromagnetik modular yang bisa menggabungkan speaker, mikrofon, layar sentuh, GPS. Facebook juga menuliskan paten itu bisa berfungsi sebagai ponsel.

Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

Dokumen menggambarkan paten tersebut mencatat jutaan perangkat terkoneksi dengan server bisa membuat software berbeda pada masing-masing komponennya. 

Meski menggambarkan paten tersebut, namun dikutip dari The Next Web, Senin 24 Juli 2017, belum jelas apakah paten yang diajukan itu nantinya berupa smartphone atau perangkat lainnya. Jika dilihat dari gambar desain dokumen paten, perangkat yang diajukan Facebook itu bisa saja merupakan speaker smarthone seperti Alexa milik Amazon. 

Facebook dan Instagram Down! Pengguna Ngeluh di X dan Jadi Trending Topic

Menariknya, tim yang bertanggung jawab dalam pengajuan paten itu merupakan tim Building 8. Tim ini merupakan salah satu otak dari tim Project Ara Google yang mengembangkan ponsel modular. 

Empat karyawan Building 8 yang tertera dalam pengajuan paten itu sebelumnya bekerja di Nascent Object, perusahaan rintisan Facebook yang menggunakan printing 3D untuk mempercepat hadirnya purwarupa gawai modular. 

Instagram dan Facebook Down di Seluruh Dunia, Apa Kata Meta?

Sementara pimpinan Building 8, Regina Dugan, sebelumnya memimpin Facebook untuk bekerja sama dengan Google mengembangkan Project Ara. 

Di bawah kendali Facebook, Bulding 8 merupakan laboratorium pengembangan hardware konsumen Facebook yang bertugas mengerjakan proyek futuristik. Di antara inovasi yang dikembangkan Bulding 8 yakni kemampuan mengetik dengan pikiran dan memahami bahasa melalui kulit manusia. (mus)

Polres Depok tangkap pelaku kriminal

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Komplotan pelaku kejahatan berhasil diamankan jajaran Polres Metro Depok. Ada 24 orang yang diamankan dari berbagai kasus seperti pencurian rumah kosong hingga curanmor.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024