Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 26 Juli 2017 | 17:25 WIB
  • Siswi SMAN 3 Malang Bikin Robot Pemilah Sampah

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Putri Firdaus
Siswi SMAN 3 Malang Bikin Robot Pemilah Sampah
Photo :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus
Robot pemilah sampah, Smartbin

VIVA.co.id – Membuang sampah pada tempatnya saja masih banyak yang sulit melakukan, apalagi harus memilah sampah dan memasukkan ke dalam wadah yang tepat. Namun, barangkali dalam beberapa tahun ke depan, Anda sudah tidak perlu bingung melakukannya. Sebab tiga orang pelajar SMA asal Malang, Jawa Timur menemukan salah satu solusinya.

Pavita Ardhani Sugiharto Putri, Feby Nadya Sabrina dan Lintang Cahyaning Putri dari SMAN 3 Malang membuat robot pemilah sampah, Smartbin. Robot yang diciptakan mempermudah Anda memilah sampah. Sampah tersebut dikategorikan dalam tiga jenis yaitu organik, anorganik (metal dan non-metal) dan sampah lainnya.

"Kami melihat masih banyak orang yang tidak membuang sampah sesuai kategorinya meskipun tempatnya sudah dibeda-bedakan. Karena itulah kami membuat Smartbin," ujar Pavita saat ditemui di gelaran L'Oréal Science Fair 2017 #TernyataSainsKeren di Gedung A Kemendikbud, Jakarta, Rabu 26 Juli 2017.

Pavita, salah satu tim kreator robot ini mengatakan, robot ini bekerja dengan bantuan detektor, kumparan kawat tembaga yang terdapat di wadah penampung sampah. Sampah yang terdeteksi kandungan metal akan secara otomatis di buang ke penampungan sampah metal, begitu pula sampah lain akan dibuang ke tempat yang sesuai kategorinya.

Robot pemilah sampah, Smartbin

Pengerjaan robot ini, kata Pavita, tergolong singkat. Hanya butuh waktu satu bulan untuk merakit. Sejauh ini robot bikinan pelajar SMAN 3 Malang ini bisa mendeteksi dan menempatkan dengan tepat sampah berupa plastik, kertas, kaleng.

Saat ini robot milik Pavita dan kawan-kawan masih berupa purwarupa. Masih diperlukan banyak pengembangan lain seperti detektor untuk benda non-metal, Sebab sebelumnya kemampuan itu belum difungsikan saat robot ini dipamerkan. Namun, idenya cukup menarik bukan? (mus)