Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 18 Agustus 2017 | 17:00 WIB
  • Motorola Kantongi Paten Layar Ponsel Bisa Perbaiki Sendiri

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Motorola Kantongi Paten Layar Ponsel Bisa Perbaiki Sendiri
Photo :
  • REUTERS/Stringer
Ilustrasi Motorola

VIVA.co.id – Motorola punya paten inovatif. Perusahaan asal Amerika Serikat itu telah menerima paten layar smartphone yang busa memperbaiki diri saat layar rusak. 

Dalam deskripsi paten yang diajukan, layar ponsel yang terbuat dari polimer memori bisa menyembuhkan diri dari kerusakan yang terjadi. Kunci dari inovasi ini yakni 'elemen termal' pada yang bisa mendeteksi perubahan bentuk pada layar smartphone

Dikutip dari Mashable, Jumat 18 Agustus 2017, elemen panas itu akan diterapkan pada polimer memori layar sebagai solusi untuk mengembalikan kerusakan pada layar. 

Menurut paten tersebut, reaksi termal pada layar polimer tak menjamin bisa memperbaiki semua kerusakan yang diakibatkan atas kecerobohan pengguna. Paten itu menyebutkan, inovasi akan berusaha sebisa mungkin memperbaiki kerusakan yang terjadi pada layar. 

Meski paten tersebut telah diterima oleh Motorola, belum menjadi jaminan inovasi ini akan direalisasikan pada produk smartphone kelas atas Motorola. Kalangan manufaktur juga belum jaminan akan menyetujui paten tersebut. Sebab saat ini inovasi ini adalah baru sebatas paten belum diwujudkan menjadi produk akhir. 

Namun dipandang, inovasi smartphone yang bisa menyembuhkan layar secara mandiri adalah sebuah revolusi pada pasar teknologi ponsel mobile. 

Motorola telah mengajukan paten layar smartphone yang bisa memperbaiki secara mandiri pada Februari lalu kepada Badan Paten dan Merek Amerika Serikat. Kemudian belum lama ini, paten tersebut diterima oleh Motorola. 

Ilustrasi paten Motorola soal layar smartphone bisa memperbaiki sendiri