Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 26 Agustus 2017 | 07:00 WIB
  • VIDEO: Robot Pimpin Upacara Pemakaman di Jepang

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
VIDEO: Robot Pimpin Upacara Pemakaman di Jepang
Photo :
  • Reuters/Kim Kyung-Hoon
Robot Pepper disiapkan untuk upacara pemakaman

VIVA.co.id – Perusahaan multinasional telekomunikasi dan internet Jepang, Softbank memberikan peran baru bagi robot humanoid, Pepper. Kini Softbank menawarkan Pepper untuk menjadi robot yang melayani upacara pemakaman. Peran baru robot humanoid itu dipamerkan dalam sebuah festival industri pemakaman, Life Ending Industry Tokyo, 23 Agustus 2017.

Untuk mendoakan dalam pemakaman, Pepper dilengkapi dengan pakaian layaknya biksu Buddha dan bisa melafalkan doa dengan suara terkomputerisasi sambil mengetukkan pada sebuah alat. 

Dikutip dari Reuters, Jumat 25 Agustus 2017, pada peran baru robot Pepper itu turut berkontribusi pembuat cetakan plastik Nissei Eco. Perusahaan ini menciptakan peranti lunak agar Pepper bisa melafalkan doa untuk pemakaman. 

Pemberian peran baru robot Pepper itu dipengarungi oleh menyusutnya populasi penduduk Jepang yang makin menua dan menyusut. Penasihat Eksekutif Nissei Eco, Michio Inamura menuturkan, saat ini biksu di Negeri Matahari Terbit dilaporkan makin sedikit menerima dukungan finansial dari warga. Maka banyak biksu yang terdorong mencari pekerjaan di luar tugas agama tersebut. 

Robot yang melayani urusan pemakaman ini bisa dipakai saat pendeta tidak hadir atau tak tersedia. Untuk biaya layanan robot pemakaman ini sekitar US$450 atau Rp6 juta per pemakaman, lebih murah dibandingkan biaya menyewa pendeta yang perlu kocek US$2200 atau Rp29,3 juta. Untuk melihat bagaimana Pepper menjalankan ritual pemakaman, bisa disimak pada tautan ini.