Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 11 September 2017 | 06:30 WIB
  • VIDEO: Robot Anjing Bertugas Endus Bau Kaki Busuk

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
VIDEO: Robot Anjing Bertugas Endus Bau Kaki Busuk
Photo :
  • YouTube
Robot Hana-chan

VIVA.co.id – Bau busuk pada kaki memang membuat tak nyaman. Begitu juga yang terjadi di Jepang, yang masyarakatnya makin khawatir dengan masalah bau kaki dan badan. Di sana, bau busuk badan sudah dianggap sebagai bentuk pelecehan di Negeri Matahari Terbit tersebut. 

Untuk menanggulangi masalah bau busuk kaki, perusahaan rintisan atau startup di Jepang, Next Technology mengembangkan robot anjing mini yang bertugas mengendus bau kaki manusia. 

Dikutip dari Inquirer, Minggu 10 September 2017, robot anjing tersebut dinamakan Hana-chan, yang artinya tak jauh dari tugas sang robot. Hana berarti ‘hidung’. Robot ini bertugas untuk mendeteksi kaki manusia yang bau. 

Pengembang robot tersebut, Kimima Tsuji mengungkapkan lahirnya Hana-chan adalah sebagai jawaban tantangan dari seseorang kepada startup mereka. 

"Ada yang mengatakan kepada kami, putrinya bahwa kakinya bau. Tapi dia tak ingin tahu seberapa buruk bau kakinya, sebab sang putri itu akan merasa sakit hati. Karena itulah kami mengembangkan robot imut ini," ujar Tsuji. 

Hana-chan yang berukuran mini, 15 sentimeter dilengkapi dengan pendeteksi bau kaki. Saat bertugas, robot ini akan mengendus kaki. Jika Hana-chan mendeteksi bau busuk, maka dia akan menyalak atau menggonggong. Bahkan dalam kondisi bau kaki yang sangat menjijikkan, Hana-chan bisa pingsan. 

Menariknya, pembuat di Next Technology memasukkan semprotan penyegar udara pada robot tersebut. Fungsinya yakni menghilangkan bau kaki. Jadi begitu Hana-chan mencium bau kaki busuk dia akan menghilangkannya dengan penyemprot. 

Pengembangan Hana-chan sudah dimulai sejak tahun lalu dan kini makin canggih. Versi robot pada tahun lalu, robot masih ditambatkan dengan kabel listrik. Nah, untuk versi yang sekarang, robot nirkabel, sehingga bisa menjelajah di ruangan di rumah. 

Hana-chan akan mulai dijual ke publik pada tahun depan dengan harga 10 ribu yen atau Rp1,2 juta. Videonya bisa disaksikan pada tautan ini.