Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 13 September 2017 | 08:17 WIB
  • Mengenal iPhone 8, Smartphone Anyar Apple

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Mengenal iPhone 8, Smartphone Anyar Apple
Photo :
  • Reuters/Stephen Lam
Peluncuran iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

VIVA.co.id – Apple akhirnya menghadirkan rangkaian iPhone terbarunya pada 12 September 2017 waktu California, Amerika Serikat. Seperti yang sudah dihembuskan sebelum peluncuran, Apple meluncurkan tiga seri iPhone anyar yaitu iPhone 8 dan iPhone 8 Plus serta iPhone X. 

Dari sisi desain, Apple menghadirkan dua seri iPhone 8 hadir dengan hal baru. Semua bodi depan depan dan belakang terbuat dari bahan kaca dengan kualitas ketahanan terbaik. Pada kaca bagian belakang membantu untuk pengisian daya nirkabel. Material kaca dipadu dengan alumunium.

Apple merilis dua versi iPhone 8 yakni iPhone 8 dengan layar 4,7 inchi dan iPhone 8 Plus hadir dengan bentang layar 5,5 inchi.

Pada bagian layar, Apple menghadirkan layar baru Retina HD pada iPhone 8 dengan teknologi True Tone. Teknologi flash True Tone Quad-LED mampu mengadaptasi  warna dan cahaya sekitar. Teknologi ini secara otomatis dengan cahaya sekitar, menjadikan pengalaman yang berbeda di semua lingkungan. 

Pada bagian kamera, iPhone 8 hadir dengan kamera 12 MP dengan bukaan f/1.8 dan zoom up digital sampai lima kali, sedangkan iPhone 8 Plus hadir dengan kamera ganda berupa 12 MP wide angle dan kamera telefoto, masing-masing dengan bukaan f/1.8 dan untuk telefoto f2.8. Pada 8 Plus punya kemampuan zoom up digital dan optical zoom up sampai 10 kali.  

Apple menyebutkan sistem kamera dua jenis iPhone 8 memberi 83 persen lebih terang dan efisien dan dilengkapi dengan Optical Image Stabilization.

Pembeda bagi dua iPhone 8 yakni pada versi 8 Plus hadir dengan fitur Potrait Mode dan Potrait Lighting.

Pada Potrait Lighting, kamera ganda akan merasakan kedalaman dan mengolah pencahayaan saat pengguna akan mengabadikan objek.

Dalam siaran streaming, Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Phil Schillers menyebutkan, fitur ini bukan pemfilter yang sudah jamak pada pencitraan gambar smartphone pada umumnya. Fitur ini menyesuaikan cahaya sekitar sehingga bisa menghasilkan gambar atau foto terbaik dan berbeda. 

Sedangkan Potrait Mode pada iPhone 8 Plus berfungsi makin baik, memberikan latar depan yang lebih tajam dan latar belakang bisa kabur secara alami. 

Untuk pengambilan video, kamera iPhone 8 bisa mengambil gambar kualitas 4K dan 60 frame per detik serta 1080p dan 240 frame per detik untuk rekaman slow motion

Kamera pada seri iPhone 8 punya kemampuan menikmati konten Augmented Reality.

Untuk Dapur pacu, iPhone 8 menjalankan A11 Bionic yang menawarkan performa yang lebih cepat dan efisiensi yang lebih baik.

Schiller menegaskan, chip yang terbenam pada dua seri iPhone 8 merupakan chip paling kuat dari smartphone yang pernah ada. A11 Bionic terdiri dari enam core 64-bit dengan dua inti yang bekerja untuk kinerja pada A11 Bionic 25 persen lebih cepat dari A10 Fusion dan empat inti yang bekerja untuk efisiensi, 70 persen lebih cepat dari A10 Fusion. Sedangkan untuk grafis, GPU baru desain Apple, 30 persen lebih cepat dari A10.

iPhone 8 hadir dengan kemampuan pengecasan nirkabel. Berkat dukungan bagian kaca belakangnya, smartphone ini bisa dicas di atas sebuah pad khusus, tanpa kabel.

Sebagai dukungan untuk pengecasan nirkabel ini, Apple mengenalkan standar pengecasan nirkabel Qi yang sudah tersedia luas di beberapa titik, misalnya restoran, toko, bandara dan kafe lainnya. Apple menyebutkan sudah banyak titik yang dilengkapi dengan aksesori pad yang sesuai dengan standar nirkabel Qi, dengan demikian pengguna tak perlu khawatir saat daya baterai iPhone 8 akan habis. Apple juga menegaskan kemampuan pengecasan nirkabel ini cepat mengisi daya perangkat.

Apple mengatakan fitur lainnya yakni stereo speaker iPhone 8, 25 persen lebh nyaring mengeluarkan suara dibanding speaker iPhone 7.  

Pada iPhone 8 masih menggunakan tombol Home dan sensor biometrik sidik jari Touch ID, LTE Advanced dan Bluetooth 5.0, dan tahan dengan debu serta air. 

iPhone 8 tersedia dalam versi 63 GB dengan harga US$699 dan versi 256 GB dengan harga US$849, sedangkan iPhone 8 Plus hadir dengan versi 64 GB dengan banderol US$799 dan versi 256 dengan harga US$949.

Pemesanan iPhone 8 dimulai pada 15 September di beberaa negara misalnya Prancis, China, Amerika Serikat dan Inggris. iPhone 8 akan tersedia di Apple Store mulai 22 September, dan tersedia di pasar Eropa timur dan Timur Tengah sepekan setelahnya. (hd)