Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 14 September 2017 | 16:11 WIB
  • Foto Traveling, Smartphone Lokal ini Punya Fitur Ala DSLR

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Mitra Angelia
Foto Traveling, Smartphone Lokal ini Punya Fitur Ala DSLR
Photo :
  • Polytron
Ilustrasi smartphone Polytron

VIVA.co.id – Pengguna media sosial sepertinya sedang hobi mengoleksi foto-foto travelling mereka. Tentunya mereka merasakan kepuasan tersendiri saat foto tersebut banyak mendapat 'like’ and dikomentari handai taulan di jagad maya.

Foto yang diunggah di media sosial tak perlu kamera DSLR agar hasil foto maksimal dan nyata seperti aslinya. Cukup dengan smartphone saja, sebenarnya hasil dari foto travelling pun bisa bagus. Perlu trik untuk mengambil angle dan menggunakan fitur yang ada pada smartphone.

Polytron sebagai vendor smartphone lokal, berbagi tipsnya. Dari keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Kamis 14 September 2017, mereka menyebutkan ada sejumlah teknik pengambilan gambar yang bisa dilakukan. Di antaranya, dengan menimbang komposisi dasar pengambilan gambar, seperti rule of third yakni garis bantu, framing, angel of view, sudut pengambilan gambar dan pencahayaan.

Dalam pengambilan gambar, Polytron menyebutkan, pencahayaan menjadi salah satu kunci penting, apalagi jika memotret foto dengan kamera handphone. Pencahayaan bisa diatur dengan kompensasi eksposur. 

Agar pengaturan kamera smartphone bisa setara dengan DSLR, pengguna bisa mengaturnya pada bagian ISO. ISO merupakan sebuah tingkat sensitivitas kamera kepada cahaya yang ada di sekitar objek. Seperti halnya kamera profesional.

Sebenarnya sudah banyak smartphone yang mendukung fitur kamera ala DSLR. Tapi, menggunakannya memang butuh teknik yang pas.

Salah satu smartphone mendukung fitur ala DSLR, seperti smartphone lokal, Polytron Prime 7.

Smartphone ini hadir dengan resolusi kamera depan 8 MP dengan wide angle dan kamera utama resolusi 13 MP dengan Sensor ISOCELL. Sensor ini berfungsi menghasilkan komposisi warna dan kualitas gambar lebih tajam walaupun dalam kondisi minim cahaya. 

Prime 7 dilengkapi dengan Dual Tone Bright LED Flash memberikan cahaya secara merata untuk hasil foto lebih terang dan jelas di setiap kondisi. Lensa anti flare yang dimiliki Prime 7 berfungsi mengurangi efek flare pada saat memotret dekat dengan sumber cahaya dan memaksimalkan penangkapan cahaya dari lingkungan sekitar sehingga menghasilkan kualitas gambar yang optimal.

Prime 7 juga memiliki PDAF Sensor yang dilengkapi dengan Ball Bearing AF Motor menghasilkan fokus gambar yang akurat dan lebih cepat, bahkan saat objek foto bergerak. 

"Agar hasil jepretan kamera bisa makin mantap dan tajam, maka diperlukan fokus yang baik pula, untuk itu keakuratan fokus pada objek akan berpengaruh pada hasil jepretan foto kamu nanti. Fitur tersebut bisa kamu manfaatkan semaksimal mungkin," tulis Polytron. (ren)