Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 15 September 2017 | 11:34 WIB
  • Apple Salahkan Staf soal Face ID Gagal Deteksi Wajah

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Apple Salahkan Staf soal Face ID Gagal Deteksi Wajah
Photo :
  • Reuters/Stephen Lam
Peluncuran iPhone X

VIVA.co.id – Fitur deteksi wajah pada iPhone X, Face ID menjadi perhatian bagi pecinta Apple dan teknologi. Face ID menggantikan Touch ID yang ada pada iPhone sebelumnya. 

Apple menegaskan, Face ID merupakan fitur yang canggih. Face ID bekerja dengan dukungan sistem kamera TrueDepth pada iPhone X, yang terdiri dari delapan elemen, termasuk di antaranya kamera inframerah, flood iluminator, sensor proximity sampai sensor cahaya sekitar.

Saat pengguna melihat ke layar iPhone X, sistem TrueDepth memproyeksikan 30 ribu titik inframerah tersembunyi dan kemudian kamera akan mengecek pola wajah secara real time

Namun saat Apple menunjukkan kemampuan Face ID ke publik untuk pertama kalinya pada 12 September 2017, fitur tersebut tak bekerja dengan otomatis. 

Dalam peluncuran iPhone X, Senior Vice President of Software Engineering Apple, Craig Federighi gagal beberapa kali membuka akses iPhone dengan Face ID, dan kemudian sistem iPhone X meminta kode akses. Federighi kemudian dengan sigap menggantinya dengan iPhone X yang lain, dan akhirnya Face ID berfungsi. 

Momen kegagalan ini kemudian menjadi sorotan bagi penikmat teknologi dan pecinta Apple. 

Apple kemudian angkat bicara terkait hal tersebut. Perwakilan Apple menegaskan alasan kenapa Face ID iPhone X pada peluncuran itu Federighi gagal mendeteksi wajah petinggi Apple tersebut. 

Apple beralasan banyak orang atau staf Apple yang mencoba untuk menggunakan Face ID di belakang panggung sebelum iPhone X  tersebut dibawa Federighi dipakai untuk demo. 

"Orang-orang yang menangani perangkat ini (staf Apple di belakang panggung) memakainya sebelumnya. Dan mereka tak menyadari Face ID mencoba mengautentifikasi wajah mereka," ujar perwakilan Apple. 

Memang kala di panggung, Federighi beberapa kali gagal menunjukkan kemampuan Face ID. Tapi akhirnya, tegas Apple, Face ID pada iPhone X bisa menjalankan tugasnya, dengan meminta kode akses. 

"Face ID bekerja seperti sesuai rancangannya," kata Apple. 

Apple meluncurkan tiga seri iPhone terbaru pada 12 September. Selain iPhone X, Apple meluncurkan dua iPhone 8 yaitu iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. 

Lihat momen kegagalan Face ID di tautan ini.