Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 22 September 2017 | 14:14 WIB
  • VIDEO: Begini Jadinya iPhone 8 saat Disiksa dan Dibakar

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
VIDEO: Begini Jadinya iPhone 8 saat Disiksa dan Dibakar
Photo :
  • REUTERS/Stephen Lam
Peluncuran iPhone 8 di AS

VIVA.co.id – YouTuber populer dengan nama akun Jerry Rig Everything menguji kekuatan iPhone 8 yang baru diluncurkan Apple pada hampir dua pekan lalu. YouTuber tersebut menjajal seberapa daya tahan dan kekuatan iPhone tersebut. 

Apple menghadirkan dua seri iPhone 8 hadir dengan hal baru. Semua bodi depan depan dan belakang terbuat dari bahan kaca dengan kualitas ketahanan terbaik. Pada kaca bagian belakang membantu untuk pengisian daya nirkabel. Material kaca dipadu dengan alumunium.

Sedangkan untuk layar, iPhone 8 hadir dengan layar baru Retina HD, sementara untuk lensa dibalut dengan bahan safir, materi yang kuat dari goresan.   

Jerry Rig Everything menggunakan berbagai perangkat untuk menguji ketahanan iPhone tersebut. Untuk menguji tingkat data tahan, YouTuber menggunakan tes Mohs dengan berbagai skala. Selain itu iPhone 8 digores dengan menggunakan koin, pisau, sekrup. YouTuber itu juga mencoba membakar layar iPhone 8

Bagian iPhone 8 yang 'disiksa' yakni bagian layar, bagian belakang, lensa, tombol home, sampai bagian sisi. 

Dikutip dari 9to5mac, Jumat 22 September 2017, setelah beberapa kali 'disiksa', lensa iPhone 8 tergores pada tes Mohs level 6. Goresan terlihat lebih dalam saat tes Mohs ditingkatkan ke level 7 dan level 8.

Untuk bagian pinggir dan sisi iPhone ternyata bisa tergore saat digores dengan pisau ada level 6. Bagian sisi atas iPhone 8 saat 'disiksa' dengan pisau juga tergores.

Kemudian YouTuber tersebut mencoba memaparkan layar retina IPS iPhone 8 dengan api kurang lebih 10 detik, hasilnya layar berubah hitam tapi kemudian menghilang.  

Dalam uji kelengkungan, iPhone 8 ternyata lebih baik dibanding pendahulunya, iPhone 7. iPhone 8 lebih unggul kemungkinan karena didesain dengan bahan kaca yang jauh lebih fleksibel dibanding material iPhone 7.  Bisa dilihat pada tautan ini.

Sedangkan hasil uji kecepatan yang dilakukan YouTuber MadMatt menunjukkan iPhone 8 Plus lebih unggul sedikit dibanding iPhone 7 Plus. Dalam video kedua iPhone itu diadu dalam berbagai tes, di antaranya memuat halaman web, membuka aplikasi dan lainnya.

Apple membenamkan chip pada dua seri iPhone 8 merupakan chip paling kuat dari smartphone yang pernah ada. A11 Bionic terdiri dari enam core 64-bit dengan dua inti yang bekerja untuk kinerja pada A11 Bionic 25 persen lebih cepat dari A10 Fusion dan empat inti yang bekerja untuk efisiensi, 70 persen lebih cepat dari A10 Fusion. Sedangkan untuk grafis, GPU baru desain Apple, 30 persen lebih cepat dari A10. Bisa dilihat pada tautan ini.

(ren)