Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 28 September 2017 | 16:23 WIB
  • Printer Portabel Canon Ini Bikin Cetakan Awet 100 Tahun

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Siti Sarifah Alia
Printer Portabel Canon Ini Bikin Cetakan Awet 100 Tahun
Photo :
  • VIVA.co.id/Siti Sarifah Alia
Printer Canon Selphy CP1300

VIVA.co.id – Pasar printer mobile di dunia diperkirakan akan semakin besar dalam lima tahun ke depan. Data Business Wire menyebutkan pasar printer jinjing itu akan melewati angka US$15 miliar sampai 2020.

Bahkan pada saat yang sama, pertumbuhan penjualan printer jinjing di dunia akan bertumbuh sampai 17 persen setiap tahunnya. Fenomena ini juga akan melibatkan pasar di Indonesia yang memiliki lebih dari 250 juta penduduk.

Tren ini akan menjadi pemicu Canon sebagai produsen printer jinjing yang sudah dikenal lewat Selphy. Vendor ini memperbaharui lini produk printer portabel itu lewat Selphy CP1300.

"Meskipun saat ini banyak orang bermain media sosial dan kerap menaruh hasil jepretannya di sana, tapi masih banyak orang yang tidak punya media sosial. Misalnya paman atau bibi di kampung, atau kerabat yang tidak pakai smartphone. Di sinilah pasar printer Selphy ini," ujar Canon Division Director PT Datascrip, Merry Harun, di Javanine Cafe, Malang, Kamis 28 September 2017.

Merry mengatakan, dengan mencetak foto, kenangan bisa terjaga dan dimanfaatkan untuk berbagai hal, baik album foto maupun sebagai dekorasi ruangan. Oleh karena itu, Canon menghadirkan Selphy untuk pencetakan mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja.

Marketing Manager Canon Image Communication Product Division PT Datascrip, Angelie Ivone mengatakan, hasil cetak Selphy seri terbaru, CP1300 ini memiliki teknologi yang dinamakan dye-sublimation. Artinya, lapisan warnanya terlindungi dari debu, sidik jari, maupun air. Teknologi ini memungkinkan hasil cetakan bertahan sampai 100 tahun.

"Kami yakin Selphy CP1300 ini mendapat antusiasme yang besar. Penjualan akan dilakukan mulai Oktober dengan target 200 unit. Akhir tahun kami targetkan bisa laku sampai 600 unit," ujar Angelie.

Pada Selphy CP1300 terdapat fitur baru yakni Wifi Shuffle Print, yang bisa menghubungkan delapan perangkat secara bersamaan melalui koneksi WiFi. Bahkan foto tersebut bisa dikombinasi menjadi kolase unik. Ukuran cetaknya pun beragam, mulai dari pas foto sampai 4R.

Dilengkapi juga dengan layar LCD berukuran 3,2 inci yang memudahkan pengguna menemukan fungsi dan pengaturan yang diinginkan, maupun untuk memilih foto yang akan dicetak. Selain dengan WiFi, pencetakan bisa dilakukan dengan kartu SD atau sambungan kabel USB.

Selphy CP1300 tersedia dalam tiga pilihan warna dengan harga per unitnya kurang dari Rp2 juta dengan kelengkapan kertas printer ukuran 4R seharga Rp350 ribu sebanyak 108 lembar. (ase)