Mengenal Pixel 2, Ponsel Anyar Google

Peluncuran ponsel Pixel 2
Sumber :
  • Reuters/Stephen Lam

VIVA.co.id – Google memperkenalkan smartphone anyar mereka, Pixel 2 dan Pixel 2 XL dalam sebuah acara di San Francisco, Rabu 4 Oktober 2017 waktu setempat. 

Smartphone Baru Samsung, Realme dan Xiaomi Rilis Pekan Ini

Dua smartphone baru itu hadir untuk bersaing dengan iPhone 8 dan iPhone 8 plus serta smartphone premium Android yang sudah beredar, Galaxy Note 8 dan OnePlus 5. 

Tak jauh beda dengan smartphone premium lainnya yang beredar pada 2017, Pixel 2 dan Pixel 2 XL hadir dengan fitur tahan debu dan air, menjalankan sistem operasi Android Oreo atau Android 8.0. Keduanya mengusung, RAM 4GB, memori 64 GB atau versi 128 GB, dapur pacu Qualcomm Snapdragon 835.

Xiaomi Pamer Kamera Depan di Bawah Layar

Dari sisi kamera, dikutip dari The Verge, Kamis 5 Oktober 2017, kamera utama Pixel 2 dan Pixel 2 XL hadir dengan masing-masing 12,2 megapiksel dengan bukaan f/1.8 dan Optical dan Electronic Image Stabilization (OIS dan EIS). Lensa kamera itu akan dipadu dengan teknologi fotografi komputasi Google yang diklaim bisa memberikan fitur yang lebih variatif. Sedangkan kamera depan, keduanya mengusung lensa 8 MP dengan bukaan f/2.4. 

Kamera belakang mendukung untuk video 1080p pada 30, 60, 120 frame per detik.

Realme C12 Siap Meluncur, Ini Bocoran Prosesor dan Baterainya

Dengan spesifikasi kamera tersebut, pengguna Pixel 2 bisa melakukan Portrait Mode, pengambilan gambar pada cahaya rendah, sampai foto gerakan seperti pada Live Photo. 

Untuk kamera ini, Google tak ikut-ikutan seperti Apple yang menghadirkan dua lensa dan kamera pada bagian belakangnya. Google lebih memilih lensa tunggal di bagian belakang dan memadukannya dengan teknologi Google. 

Pixel 2 dan Pixel 2 XL hadir dengan USB-C, tanpa pengecasan nirkabel.

Perbedaan spesifikasi Pixel 2 dan Pixel 2 Xl terletak pada layar sampai baterai. Dikutip dari Mashable, layar OLED Pixel 2 hadir dengan bentang 5 inchi dan resolusinya 1080x1920 piksel, cukup bisa menjadi modal untuk bersaing dengan iPhone 8 dan ponsel premium Samsung. Sedangkan Pixel 2 XL hadir dengan layar lebih besar layar OLED 6 inchi dengan resolusi 1440x2560 piksel.

Perbedaan lainnya terletak pada kapasitas baterai, Pixel 2 kapasitas baterainya 2700 mAh dan Pixel 2 XL kapasitasnya 3520 mAh. Pixel 2 dibanderol US$649 dan Pixel 2 XL US$849.

Salah satu yang menonjol dan menarik dari kedua smartphone itu yaitu tanpa adanya headphone jack. Sebagai gantinya, Google merilis headphone analog yang dihubungkan menggunakan adaptor USB-C. 

Hal menarik dari kedua smartphone anyar Google ini, yakni fitur Active Edge, untuk mengaktifkan Google Assistant. Pengguna cukup meremas bagian sisi perangkat, maka asisten virtual itu akan bisa menjawab pertanyaan serta menjalankan perintah dasar.   

Google menambahkan kemampuan kamera ponsel anyar Pixel bisa menggunakan platform augmented reality baru perusahaan, ARCore. Google menambahkan stiker augmented reality ke kamera Pixel yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan grafik digital dan gambar ke video dan foto yang lebih canggih. Stiker ini khusus hanya hadir di smartphone anyar Pixel. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya