Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 16 Oktober 2017 | 14:53 WIB
  • iPhone Baru Pakai Apple Pencil Dirilis 2019?

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
iPhone Baru Pakai Apple Pencil Dirilis 2019?
Photo :
  • REUTERS/Beck Diefenbach
Apple Pencil

VIVA.co.id – Rumor Apple sedang menyiapkan stylus yang kompatibel dengan iPhone menarik perhatian pencinta Apple. Kabar yang beredar, stylus khusus iPhone itu merupakan versi baru dari produk stylus pertama besutan Apple, Apple Pencil. 

Sebagaimana diketahui, Apple telah merilis Apple Pencil yang dikhususkan untuk iPad Pro pada November 2015. Apple Pencil dihadirkan pada November 2015, dirancang khusus untuk iPad Pro dan memberi pengalaman kepada pengguna menggunakan pena atau pensil asli. Apple Pencil hadir dengan sensor yang menentukan orientasi dan sudut stylus tersebut. Apple Pencil juga dilengkapi dengan sensitivitas tekanan yang memungkinkan untuk goresan yang tebal dan tipis.

Sementara rumor stylus iPhone pertama kali muncul dari sumber industri yang membocorkan kepada laman The Korean Herald

Dikutip dari Mac Rumors, Senin 16 OKtober 2017, sumber itu mengklaim insinyur Apple sedang mengerjakan iPhone baru yang hadir dengan pena digital. Perangkat ini menurut rumor berpotensi diluncurkan pada 2019. 

"Pembuatan ini masih dalam pembicaraan dengan beberapa pembuat stylus yang akan menjadi mitra," kata sumber tersebut.

Sumber tersebut menuturkan, stylus iPhone kemungkinan mengadopsi jenis stylus super kapasitor. Dengan profil teknologi tersebut, stylus iPhone kontras dengan pena pada Samsung Galaxy Note yang berbasis teknologi resonansi elektromagnetik. Pena stylus Samsung Galaxy Note masih membutuhkan komponen panel tambahan yang disematkan di dalam layar Samsung Galaxy Note. 

"Jenis super kapasitor stylus iPhone lebih murah pembuatannya dibanding stylus EMR (Galaxy Note). Stylus iPhone menawarkan rasa yang lebih dari sekedar pena," ujar sumber tersebut. 

Jika nanti benar Apple mengembangkan stylus baru, iPhone baru bakal berubah drastis, chip A pada iPhone akan 'ugrade drastis' untuk bisa mendukung penulisan dengan stylus pada iPhone. 

"Apple sedang mempertimbangkan sesuatu yang tegas ditolak sang pendirinya Steve Jobs," kata sumber tersebut. 

Sudah jamak diketahui, Steve Jobs memang sangat membenci stylus. Saat presentasi dalam Macworld 2007, panggung Apple pertama kali memperkenalkan iPhone, Jobs menyampaikan stylus merupakan cara yang ribet. 

"Siapa menginginkan stylus?," kata Jobs yang disambut tertawa para hadirin. 

"Anda harus menempatkannya, kemudian menariknya. Ehm... Anda sia-sia. Tak seorang pun menginginkan stylus," jelas Jobs. 

Pada kesempatan lain, Jobs juga mengejek gagasan Microsoft yang menggunakan tabletnya dengan stylus. "Begitu Anda memiliki stylus, Anda mati," kata Jobs dalam buku biografi yang ditulis Walter Isaacson.