Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 13 November 2017 | 17:50 WIB
  • Keren Banget, Siswa Madrasah Borong Medali Robotik di Jepang

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Keren Banget, Siswa Madrasah Borong Medali Robotik di Jepang
Photo :
  • Facebook/Yon Sugiono
Siswa Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan UIN Jakarta raih medali robotik

VIVA – Siswa kakak beradik Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan UIN Jakarta, Syahrozad Zalfa Nadia atau Ocha (Kelas 6) Avicenna Roghid Putra Sidik atau Ave (Kelas 1), kembali mengukir prestasi pada ajang kompetisi robotik internasional. 

Ocha dan Ave meraih berbagai medali tepat pada Hari Pahlawan, dalam International Islamic school Robot Olympiad (IISRO) Tahun 2017 yang digelar oleh International Muslim Association for Robotic (IMARO) di Tokyo, Jepang, 10-13 November 2017.

"Di hari Pahlawan mereka berhasil mempersembahkan 4 medali," tulis Himatul Laily Waisnaini, ibunda kakak beradik tersebut dikutip dari akun Facebooknya, Senin, 13 November 2017. 

Secara rinci medali yang diraih yaitu medali emas untuk kategori Maze Solving dengan catatan waktu 4 detik, medali perak untuk kategori Robot Sumo, medali perak untuk kategori Robot Teater dengan tema Diary Robot, dan medali perunggu untuk kategori Robot Soccer. 

Laily mengucapkan terima kasih atas dukungan, doa dari semua pihak sehingga buah hatinya bisa meraih prestasi tersebut. Kepada buah hatinya, Laily berpesan agar keduanya tidak cepat berpuas diri. 

"Semoga kalian tidak cepat berbangga diri dan tinggi hati. Terus berkarya, berkreasi dan berprestasi," tulis Laily. 

Ocha dan Ave termasuk langganan prestasi dalam kompetisi robotik dari dalam dan luar negeri. 

Pada Agustus tahun lalu, Ocha memborong medali dalam kompetisi robot tingkat internasional, International Youth Robot Competition (IYRC) 2016 di Daejon, Korea Selatan 12-14 Agustus 2016. 

Kala itu, Ocha mengumpulkan empat medali yaitu medali emas dalam kategori Coding Mission, Excelent Award kategori Steem Mission, Excelent Award kategori Creatif Design dan medali perunggu kategori Creatif Design.

Siswa Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan UIN Jakarta raih medali robotik

Ocha dan Ave saat mengikuti (IISRO) Tahun 2017 di Tokyo, Jepang

Sebulan sebelumnya Juli 2016, Ocha bersama Ave, berhasil meraih empat penghargaan berupa dua medali dan dua penghargaan khusus dalam Al-Amin Robotic Challenge, Asian Robotic Championship (ARC) 2016 di Malaysia.

Kakak beradik itu juga meraih medali emas untuk kategori Super Maze Solving, lalu medali perunggu untuk kategori Robot Kreatif. Sedangkan dua penghargaan khusus diraih untuk kategori Brick Speed dan Robot Rero.

Sebelumnya, kakak beradik ini juga berhasil meraih prestasi dalam Asian Youth Robotic Olympiad (AYRO) 2016 pada Maret lalu di Singapura. Mereka meraih medali emas kategori Brick Speed, medali emas kategori Soccer Robotic, medali perak kategori Maze Solving Junior, dan medali perunggu kategori Aerial Robotic Junior.