Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 15 November 2017 | 10:16 WIB
  • VIDEO Bocah 10 Tahun Bobol Face ID iPhone X

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
VIDEO Bocah 10 Tahun Bobol Face ID iPhone X
Photo :
  • REUTERS/Thomas Peter
Menikmati Fasilitas Face ID di iPhone X

VIVA – Kehandalan sistem keamanan Face ID pada iPhone X kembali menjadi pertanyaan penggunanya. Seorang bocah usia 10 tahun bisa membobol dan mengelabui Face ID iPhone X milik ibunya. 

Sementara, saat mengenalkan iPhone X pada September lalu, Apple menjamin sistem keamanan Face ID pada iPhone X paling aman dan tidak mampu dibobol. Namun upaya bocah 10 tahun tersebut makin menggugat klaim kehandalan Face ID. 

"Saya mengatur Face ID menggunakan wajah saya, tapi bagian yang menyebalkan adalah, anak saya yang usianya 10 tahun bisa membobol iPhone X saya dengan wajahnya," ujar pemilik iPhone X tersebut dalam video YouTube yang diunggah akun Attaulah Malik. 

Merespons kegagalan sistem Face ID oleh wajah bocah, dikutip dari Phone Arena, Rabu 15 November 2017, Apple berdalih memang anak di bawah usia 13 tahun punya kesempatan besar untuk mengelabui dan membobol Face ID.

"Karena fitur wajah berbeda mereka (anak usai di bawah 13 tahun) kemungkinan belum sepenuhnya berkembang," ujar Apple. 

Suksesnya bocah 10 tahun itu membobol Face ID itu menambah deret kegagalan fitur biometrik andalan iPhone X. Pekan lalu, perusahaan riset keamanan siber asal Vietnam, Bkav berhasil membobol Face ID dengan menggunakan masker wajah hasil cetakan 3D.

Pembobolan Face ID itu menjadi pertanyaan bagi kualitas Face ID. Sebab pada peluncuran iPhone X, bicara kualitas keamanan Face ID, Apple mengatakan, dalam percobaan hanya satu dari sejuta peluang bisa menjebol sistem tersebut, bandingkan dengan Touch ID pada iPhone sebelumnya, yang mana hanya satu dari 50 ribu kesempatan bisa membuka Touch ID.  

Face ID bekerja dengan dukungan sistem kamera TrueDepth pada iPhone X, yang terdiri dari delapan elemen, termasuk di antaranya kamera inframerah, flood iluminator, sensor proximity sampai sensor cahaya sekitar. 

Sistem ini tergolong canggih. Saat pengguna melihat ke layar iPhone X, sistem TrueDepth memproyeksikan 30 ribu titik inframerah tersembunyi dan kemudian kamera akan mengecek pola wajah secara real time.