Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 15 November 2017 | 11:34 WIB
  • Mozilla Firefox Quantum Diklaim Dua Kali Lebih Cepat

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia
Mozilla Firefox Quantum Diklaim Dua Kali Lebih Cepat
Photo :
  • http://pockethacks.com
Mozilla smartphone

VIVA – Mozilla telah lama mengabarkan bahwa mereka memiliki browser terbaru yang didesain untuk perangkat multicore atau PC modern. Versi browser itu kini telah final dan bisa dinikmati dengan nama Firefox Quantum.

Dilansir melalui PC World, Rabu, 15 November 2017, Firefox Quantum sejatinya sudah bisa diunduh sejak 14 November 2017, tentunya tanpa dikenakan biaya. Tak hanya untuk pengguna PC berbasis Windows, tapi juga untuk yang berbasis Android dan iOS.

Pihak Mozilla mengklaim bahwa Firefox Quantum memiliki kecepatan download dua kali lipat ketimbang Firefox generasi sebelumnya. Ini dibuktikan dari benchmark Speedometer 2.0, yang mengukur performa browser melalui aplikasi web popular.

PC World menyebutkan, jika kecepatan Firefox Quantum mencapai dua kali lipat ketimbang Firefox sebelumya, ini akan menyaingi performa Chrome dan Opera. Bahkan, pihak Mozilla dengan yakin menyebut jika Quantum lebih cepat ketimbang Chrome saat menelusuri website atau mempublikasikan video ke Youtube.

Dalam pengujian yang dilakukan PC World juga ditemukan jika Quantum hanya sedikit mengonsumsi memori. Quantum mengonfirmasi jika konsumsi sekitar 30 persen lebih kecil ketimbang Chrome.

"Dengan Quantum, Mozilla sedang mencoba sesuatu yang berbeda. Sebuah proyek yang disebut Electrolysis, mengolah kembali browser Firefox lama menjadi aplikasi multi proses bernama Firefox Quantum," ujar Ryan Pollock, manajer pemasaran produk Firefox. 

Menurut Pollock, alih-alih menugaskan setiap tab melakukan prosesnya sendiri, hanya empat tab pertama yang memiliki proses khusus. Tab lainnya saling berbagi proses bersama keempat tab yang paling sering digunakan. 

"Dengan cara ini, Firefox Quantum mencoba menyeimbangkan pemakaian memori dan performa," Pollock menjelaskan.

Firefox Quantum akan dilengkapi dengan berbagai fitur, termasuk ekstensi tradisional perusahaan. Firefox Quantum memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar langsung dari dalam browser, menyimpan halaman web untuk kemudian dilihat dengan Pocket, tab sinkronisasi dengan versi Firefox, dan banyak lagi. 

Firefox Quantum juga menggunakan Photon tampilan antarmuka baru, yang bisa dilihat di screenshot. Jika menggunakan layar sentuh, ikon akan membesar secara otomatis hanya dengan sentuhan jari. (art)