Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 19 November 2017 | 15:02 WIB
  • Revolusi Sensor Infrared yang Tersemat di Smartphone

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Mitra Angelia
Revolusi Sensor Infrared yang Tersemat di Smartphone
Photo :
  • Dok. Polytron
Smartphone dengan teknologi infrared.

VIVA – Ponsel pintar (smartphone) bukan hanya sekadar perangkat komunikasi. Beragam teknologi banyak disematkan agar smartphone multifungsi. Teknologi sensor pemancar Infrared misalnya.

Sempat tenggelam dengan kemunculan teknologi koneksi nirkabel antar perangkat bernama Bluetooth, kini port Infrared kembali populer, dan banyak digunakan pada smartphone high-end untuk fitur pengendali jarak jauh (remote control).

Teknologi masa lalu tersebut kini berevolusi dan diciptakan sebagai inovasi baru. Salah satu vendor smartphone lokal, Polytron, turut menyematkan teknologi ini pada seri Prime 7 yang dijadikan fitur Wireless Control.

Artinya, cukup dengan membawa Prime 7 bisa mengontrol banyak perangkat elektronik di rumah seperti LED TV, AC, hingga Home Theater.

Tidak hanya perangkat elektronik merek Polytron, teknologi Wireless Control pada Prime 7 juga dapat mengontrol elektronik merek lain dengan syarat menggunakan aplikasi tambahan.

"Semua bisa diatur dalam satu genggaman," demikian bunyi keterangan resmi Polytron, Minggu, 19 November 2017. Selain itu, Prime 7 juga dilengkapi fitur USB OTG (On The Go).

Fitur ini bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan dengan kapasitas yang besar dengan memori internal sebesar 32GB, sehingga tidak rumit lagi memindahkan data.

Selain teknologi Infrared, Prime 7 juga desain khusus dengan konstruksi frame metal serta teknologi nano molding yang menjadikannya kuat namun ringan digenggam.