Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 7 Desember 2017 | 17:28 WIB
  • Cuma Belajar Beberapa Jam, Program Cerdas Google Jago Catur

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Cuma Belajar Beberapa Jam, Program Cerdas Google Jago Catur
Photo :
  • www.pixabay.com/stevepb
Ilustrasi catur

VIVA – Program teknologi kecerdasan buatan Google DeepMind, AlphaGo Zero kembali menunjukkan kehebatannya. Program itu dengan cepat mampu mengalahkan software spesialis dunia, Stockfish 8, dalam sebuah permainan catur.

Dari 100 kali sesi permainan, AlphaGo Zero memenangi 28 kali sesi permainan, dengan rincian 25 kemenangan dari kotak putih dan 3 kemenangan dari kotak hitam. Selebihnya 72 sesi berakhir imbang.

Menariknya kehebatan program AlphaGo Zero bisa teruji dalam hitungan jam. Program kecerdasan buatan anak perusahaan Google ini hanya butuh waktu empat jam belajar sistem permainan dan membuat keok program Stockfish. Dalam empat jam tersebut, AlphaGo Zero memahami aturan permainan catur dan belajar simulasi.

Dikutip dari BBC, Kamis 7 Desember 2017, program Stockfish bukan software sembarangan. Stockfish 8 merupakan pemenang pertandingan antarprogram kecerdasan buatan, Top Chess Engine Championship 2016. Software ini pertama kali dirilis 2008 dan telah dikembangkan oleh para relawan dunia sejak 2008.

Sebelum dikikalahkan AlphaGo Zero, Stockfish 8 memang pernah dipecundangi program lainnya, Komodo, dalam dua permainan catur tahun ini.   

Pencapaian AlphaGo Zero makin menegaskan kedigdayaan program kecerdasan buatan anak perusahaan Google itu. Sebelumnya, program Google DeepMind telah mengalahkan beberapa pecatur dunia asal China dalam permainan catur. Kala mengalahkan pecatur dunia, kecerdasan buatan Google DeepMind masih dalam versi AlphaGo. 

"Dari sudut pandang saintifik, itu adalah yang terbaru dari serangkaian hasil mempesona DeepMind yang dihasilkan," jelas peneliti Universitas Oxford, Michael Wooldridge. 

Dengan pencapaian tersebut, menurut Wooldridge, membuktikan program Google DeepMind sangat impresif. 

Tak Cuma Catur

Prestasi AlphaGo Zero bukan hanya dalam sektor catur. Program kecerdasan buatan ini juga telah membuktikan kedigdayaannya dalam permainan tradisional Jepang, Shogi. Kala melawan program kecerdasan buatan bernama Elmo, AlphaGo Zero bisa belajar dalam waktu dua jam saja. 

Dari 90 kali sesi permainan, algoritma AlphaGo Zero memenangi 90 permainan melawan Elmo, imbang dua permainan dan keok permainan.

Kemudian, setelah 8 jam belajar, AlphaGo Zero bisa mengalahkan versi sebelumnya, dengan menang 60 permainan, keok 40 permainan. (ren)