Microsoft Cari Anak Muda Berbakat untuk Pentas di Dunia

Tim Solite Studio
Sumber :
  • Microsoft Indonesia

VIVA.co.id - Microsoft kembali menyelenggarakan Imagine Cup di Indonesia, sebuah ajang kompetisi teknologi global bergengsi bagi para pelajar dan mahasiswa untuk menciptakan dan mengembangkan aplikasi yang dilombakan pada tingkat dunia.

Mengenaskan, Ini Penampakan Mobil-mobil Mewah Terendam Banjir di Dubai

Sama seperti tahun sebelumnya, Imagine Cup 2015 akan dibagi menjadi tiga kompetisi utama, yaitu Games, Innovation dan World Citizenship.

Tahun ini, Microsoft juga mengajak perusahaan mitra yaitu Telkom, sebagai sponsor utama yang menfasilitasi dukungan infrastruktur teknologi yang diperlukan dalam Acara Imagine Cup 2015 dan United States Agency for International Development (USAID), yang khusus mendukung kategori World Citizenship.

”Microsoft mengajak para pelajar dan mahasiswa berbakat Indonesia untuk ikut berkarya melalui pengembangan aplikasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat," kata Anthonius Henricus, Developer Experience Director, Microsoft Indonesia dalam keterangan tertulis hari ini.

Saat ini program ini tengah membuka pendaftaran babak pertama Imagine Cup, hingga 30 hari ke depan.

Heboh! Beredar Foto Pendeta Gilbert Peluk Bendera Israel

Tahapan kompetisi

Para mahasiswa atau pelajar yang tertarik bisa mengirimkan URL video tim berdurasi maksimal 10 menit, yang menjelaskan aplikasi yang bakal dibawa ke Imagine Cup.

Dari seluruh video yang dikirimkan, tim juri Imagine Cup 2015 akan menentukan 5-8 tim terbaik pada masing-masing kompetisi yang berhak memasuki babak semifinal Indonesia. Seluruh tim semifinalis nanti akan mempresentasikan aplikasi mereka dengan bahasa Inggris di depan para tim juri, yang akan dilaksanakan pada 14 Maret 2015 di kantor Microsoft Indonesia, Jakarta.

Tiga tim terbaik dari masing-masing kompetisi berhak masuk pada babak final Imagine Cup 2015 Indonesia pada Maret 2015 dan mempresentasikan karya aplikasi mereka di hadapan tim juri dan publik.

Kemudian, satu tim terbaik pada kompetisi Innovation dan Games Imagine Cup 2015 akan memperoleh hadiah sebesar Rp50 juta rupiah, sedangkan pada kompetisi World Citizenship, satu tim pemenang akan memperoleh hadiah Rp100 juta rupiah.

Selain itu, ketiga tim pemenang itu akan mewakili Indonesia bertanding pada tingkat Worldwide Semifinal yang akan diselenggarakan secara online.

Warga Brebes Ramai-ramai Gadai Emas Usai Dipakai Lebaran

Jika tim Indonesia berhasil pada tingkat ini, maka tim tersebut berkesempatan mengikuti tingkat Worldwide Final yang akan diadakan di Seattle, Amerka Serikat pada Juli 2015.

Selama 10 tahun, Indonesia telah berpartisipasi pada ajang Imagine Cup sejak tahun 2005 dan membuktikan prestasi anak bangsa di tingkat dunia.

Pada tahun 2013, tim Indonesia yang diwakili oleh tim Solite Studio, mahasiswa dari Universitas Trunojoyo Madura, berhasil meraih juara kedua kompetisi Games pada Imagine Cup 2013, dengan game-nya yang disebut “Save The Hamsters”.

Pretasi itu tetap berlanjut setahun berikutnya. Pada 2014, tim DigiD2 dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, IDE DELTA dari Institut Teknologi Bandung, dan New Eleven Del dari Institut Teknologi Del, Sumatera Utara berhasil mencapai tahap Worldwide Semifinal.  

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya