Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 22 Juni 2017 | 17:29 WIB
  • EV Hive Ingin Buat Coworking Space Terbesar di Indonesia

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia,
    • Afra Augesti
EV Hive Ingin Buat Coworking Space Terbesar di Indonesia
Photo :
  • Dok. Pribadi
JSCHive

VIVA.co.id – Indonesia merupakan wilayah tempat startup tumbuh dengan pesat. Tidak heran jika kemudian coworking space pun menjamur, menyediakan kebutuhan tempat kerja yang fleksibel dan sesuai kebutuhan para startup.

Coworking Space atau disebut juga dengan kantor perorangan, merupakan tempat kerja yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan sumber daya karena tidak harus memiliki atau menyewa dalam jangka panjang.

Venture Capital terkemuka, East Ventures, tidak hanya menyediakan dana untuk membangun perusahaan startup di Indonesia tapi juga menciptakan ekosistem melalui coworking space bernama EV Hive.

Yang terbaru adalah JSCHive, yang berlokasi di Jalan Dr. Satrio No. 7, Kelurahan Karet Semanggi, KecamatanSetiabudi, Jakarta Selatan. Dinamaka JSCHive karena mendapat dukungan dari Jakarta Smart City, bagian dari Pemprov DKI.

"JSCHive dirancang untuk memfasilitasi diskusi dan kolaborasi antara pemerintah dan perusahaan startup digital. Kami menyadari kurangnya lingkungan yang kondusif bagi para startup untuk mengetahui peraturan pemerintah dan berinteraksi dengan kami," ujar Dian Ekowati, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, di Jakarta, Kamis, 22 Juni 2017.

Ditambahkan Dian, JSCHive melengkapi JSC Lounge yang sudah lebih dahulu berdiri di Balai Kota. Dukungan ini dilakukan karena pemerintah mengakui bahwa solusi yang ditawarkan startup digital mampu memberikan solusi terhadap inefisiensi yang menghambat pertumbuhan Indonesia. 

"JSCHive berdiri berkat campur tangan BWI (PT. Bahana Wisesa Intiberkat) untuk furnishing, Cisco Systems Indonesia untuk infrastruktur teknologi, dan Magnet untuk layanan internet di JSCHive. Keduanya merupakan pionir dalam penyedia solusi Smart Office. Kami akan menciptakan coworking space terbesar di Indonesia," ujar Carlson Lau, CEO EV Hive.

EV Hive saat ini memiliki empat lokasi, tiga di Jakarta (The Maja, D.Lab Menteng, JSCHive Kuningan), dan satu di BSD City, Tangerang (The Breeze). Didirikan pada tahun 2015, EV Hive memiliki lebih dari 8.000 komunitas yang bergabung. Komunitas ini terlibat dalam 130 seminar dan workshop setiap tahunnya. Untuk memenuhi permintaan penawaran platform EV Hive, EV Hive berencana membuka lima lokasi baru pada akhir 2017, memperluas total jejak EV Hive ke 9 lokasi di Indonesia.