Tonggak.id, Bank Data bagi Startup Indonesia

Logo Tonggak.id
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lazuardhi Utama

VIVA.co.id – Platform Tonggak.id hadir untuk mendukung ekosistem startup di Indonesia. Situs ini mengumpulkan data mengenai permasalahan yang ada di sekitar secara terakurasi, aktual, dan tervalidasi. 

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Menurut Co-Founder Tonggak.id, Octa Ramayana, melalui situs ini para calon pendiri startup di Indonesia bisa menemukan peluang bisnis melalui pembuatan solusi yang berguna bagi masyarakat banyak berdasarkan data yang tepat. 

Selain itu, platform ini bertujuan untuk mempermudah akses dan interpretasi dari suatu data agar dapat semakin mudah digunakan. 

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Ia mengungkapkan, untuk tahap awal, Tonggak.id akan fokus pada enam kategori berdasarkan program prioritas Presiden Joko Widodo. Keenamnya adalah ketahanan pangan, maritim, pendidikan, kesehatan, kebudayaan, serta logistik. 

"Keberadaan situs ini berfungsi sebagai pemberi data bagi teman-teman yang ingin mendirikan startup, agar bisa membangun bisnis berdasarkan permasalahan mendesak yang benar-benar nyata dialami masyarakat," kata Octa di Jakarta, Kamis 20 Juli 2017.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

Ia menuturkan, data-data ini didapatnya dari hasil riset kampus, lembaga pemerintahan, dan komunitas. Maka dari itu, Tonggak.id menggandeng Satu Data Indonesia Kantor Staf Kepresidenan (SDI-KSP). 

Menurut Octa, keterlibatan SDI-KSP merupakan salah satu upaya untuk mendorong reformasi tata kelola data pemerintah melalui pemanfaatan data. 

"Ini menjadi penting karena kami percaya bahwa data akan bernilai lebih apabila dimanfaatkan oleh pengguna. Baik pemerintah dalam konteks data-driven decision making, serta masyarakat, termasuk pelaku startup," ungkapnya. 

Berdirinya Tonggak.id merupakan inisiasi dari SDI-KSP, Universitas Gadjah Mada dan inkubasi startup KIBAR. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya