Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 19 Agustus 2017 | 18:26 WIB
  • 3 Tahapan Indigo Telkom Gembleng Startup Lokal Mendunia

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia
3 Tahapan Indigo Telkom Gembleng Startup Lokal Mendunia
Photo :
  • Telkom
Telkom Digital Lounge

VIVA.co.id – BUMN Telekomunikasi, Telkom, tak hanya ingin startup binaannya menjadi pemain di negeri sendiri tapi juga mendunia. Setidaknya ada tiga tahapan yang dilakukan Telkom untuk menggembleng startupnya tersebut.

Dikatakan Managing Director Indigo.id, selain mengumpulkan talenta, mereka juga menyediakan inkubasi dan pintu menuju relasi kelas dunia. Beberapa startup yang telah mereka bina banyak yang bisnisnya telah go global.

"Kami bisa dari awal dalam Indigo Creative Nation. Mulai dari kumpulkan talenta, inkubasi sampai Go International. Sudah ada yang dapat pengakuan seperti PayFazz, yang sudah memperoleh modal dan bisnisnya sudah mulai jalan," ujar Ery, seperti dikutip dalam keterangannya, Sabtu, 19 Agustus 2017.

Menurut Ery, pengusaha digital (digitalpreneur) yang makin banyak di Indonesia harus punya target menjadi pemain regional dan global. Dari mulai menjadi local heroes kemudian masuk ke level regional dan akhirnya ke dunia.

"Ini penting karena sekarang kita tidak hanya jadi konsumen tapi sudah layak jadi pemain digital. Yang kami lakukan di tahap awal salah satunya menggelar DILo Festival serentak di sembilan kota," ujar Ery.

Festival tersebut bertemakan Local Digitalpreneur For National Competitiveness"digelar di sembilan kota di DILo Bogor, DILo Depok, DILo Tangerang, DILo Bekasi, DILo Medan, DILo Surabaya, DILo Denpasar, DILo Solo, dan DILo Yogyakarta.  Untuk 6 kota lainnya, seperti DILo Bandung, DILo Banda Aceh, DILo Pekanbaru, DILo Malang, DILo Balikpapan dan DILo Makassar akan diselenggarakan secara serentak pada bulan Desember 2017 mendatang.

DILo adalah Digital Inovation Lounge yakni Creative Camp yang dibangun guna menumbuhkan ekosistem yang sehat di bidang kreatif digital dengan harapan mampu menumbuhkan bibit-bibit digitalpreneur di Indonesia. Creative Camp ini dibangun oleh MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia ) dengan dukungan PT Telkom Indonesia yang kini telah tersebar di 15 kota di Indonesia.
 
“Bentuk kegiatan DILo Festival 2017 ada tiga yakni Pameran Startup Digital, Seminar, dan Present Top 5 kompetisi lokal,” kata Ery.
 
Pameran Startup Digital ini mengundang beberapa startup digital untuk berpartisipasi dan memperlihatkan karyanya kepada para peserta maupun tamu undangan yang hadir.