Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 22 Agustus 2017 | 13:48 WIB
  • Cara Canggih Salurkan Hewan Kurban Berbasis Digital

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Cara Canggih Salurkan Hewan Kurban Berbasis Digital
Photo :
  • VIVA/Anwar Sadaat
Pemeriksaan hewan kurban

VIVA.co.id – Menyambut hari raya Idul Adha, suatu layanan donasi berbasis daring di Indonesia menyiapkan platform jual beli hewan kurban. Platform ini didesain untuk memudahkan distribusi hewan kurban hasil amal ke daerah-daerah yang lebih membutuhkan di penjuru Tanah Air.

Layanan ini disiapkan oleh Kitabisa.com. Calon donatur maupun masyarakat yang berminat atau penasaran dengan layanan itu bisa mengunjungi laman Qurban.Kitabisa.com.

Situs itu mengedepankan konsep kurban berbasis lokasi, sehingga publik tidak hanya bisa menyalurkan hewan kurban ke lingkungan sekitar mereka, namun juga ke luar daerah seperti ke Aceh, Nusa Tenggara Barat, Papua hingga ke luar negeri seperti negara Somalia atau Palestina.

Chief Executive Officer Kitabisa.com, Alfatih Timur, mengungkapkan untuk memberikan dampak yang lebih besar, layanan ini menggandeng berbagai mitra antara lain Aksi Cepat Tanggap, Baitul Maal Hidayatullah, DPU Daarut Tauhiid, Insan Bumi Mandiri, Sekolah Relawan, Bank Qurban, Daarul Qur'an dan PKPU.

Setiap lembaga memberikan pilihan lokasi penyaluran yang dinilai paling membutuhkan. Hal ini didasari oleh data dari organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap, yaitu sebanyak 80 persen muslim kota berkurban di masjid dekat rumah mereka. Akibatnya, penerima hasil kurban di Jabodetabek bisa mendapatkan daging kurban lebih banyak daripada di daerah lain.

“Kampanye ini merupakan bagian dari upaya kami untuk mendorong terjadinya pemerataan dalam proses berkurban pada hari raya Idul Adha tahun ini. Masyarakat dapat memilih langsung tempat untuk menyalurkan kurbannya secara daring, dengan pilihan seperti Pulau Buru, Atambua, Sorong, Alor, Mentawai, hingga Gaza, Somalia, Kenya dan Suriah," ucap Alfatih melalui keterangan tertulisnya, Selasa 22 Agustus 2017.

Tahun lalu, Kitabisa.com menyebutkan, kampanye serupa berhasil menarik lebih dari 800 orang pekurban, yang mana 407 orang berkurban hewan kambing, 11 orang berkurban sapi, sementara 362 orang pekurban lain patungan 1/7 ekor sapi. Hewan kurban tersebut kemudian disalurkan ke berbagai kota, dari Aceh, Papua, hingga Myanmar dan Palestina.

“Sebagai lembaga yang didirikan dengan semangat untuk meningkatkan partisipasi publik, kami juga ingin lembaga kami dampaknya bisa secara langsung dirasakan oleh siapa saja dan di mana saja. Karena itu, kami mengajak cukup banyak partner dengan harapan kita bisa lebih memudahkan proses pengumpulan, maupun penyaluran kurban,” ungkap Alfatih.

Untuk warganet yang ingin menyalurkan kurban via Kitabisa.com, cukup mengunjungi laman Qurban.Kitabisa.com dan memilih hewan yang ingin dikurbankan. Kemudian, Kitabisa.com telah menyiapkan langkah pembayaran sesuai dengan pilihan bank yang sesuai dengan pendonor. (ren)