Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 24 Agustus 2017 | 06:00 WIB
  • 500 Startup Lokal Siap Merebut Hati Investor

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
500 Startup Lokal Siap Merebut Hati Investor
Photo :
  • ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Ilustrasi startup lokal Indonesia.

VIVA.co.id – Pemerintah sedang menggenjot pengembangan startup atau usaha rintisan digital. Dalam mengembangkan startup, finansial menjadi salah satu pendukung utama, selain pelatihan dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia.

Saat ini banyak investor mancanegara yang sudah mulai melirik potensi industri digital dan startup di Tanah Air dengan pembiayaan melalui venture capital (modal ventura).

Melihat potensi ini, Direktur Utama PT Indonesia International Expo, Ryan Adrian, ingin mempertemukan 500 startup teknologi dengan calon investor, melalui Indonesia Startup Technology Expo & Conference yang digelar pada 8-12 November 2017.

Dari 500 startup, menurut Ryan, mayoritas binaan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. "500 startup ini lokal semua. Mereka siap unjuk gigi di depan investor," katanya kepada VIVA.co.id, Rabu, 23 Agustus 2017.

Nantinya, para investor ini akan memperhatikan kekuatan fundamental suatu startup, kemampuan startup menjawab targetnya, serta daya tarik sektor industri startup, sebelum menanamkan modalnya.

Didukung Bekraf

Meski pameran masih tiga bulan lagi, namun ia mengklaim ada sejumlah investor sudah tertarik untuk ikut serta. Diantaranya berasal dari China, Hong Kong, dan Amerika Serikat.

"Karena ini sifatnya business to business (B to B), kami belum mau target soal transaksi. Apalagi baru pertama kali menggelar pameran ini. Kami hanya menargetkan 1.000-2.000 pengunjung selama tiga hari pameran," paparnya.

Selain itu, lanjut Ryan, pihaknya juga akan menggelar Pekan Raya Indonesia pada 21 Oktober-5 November 2017 di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang Selatan, Banten.

Pameran ini mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata, Kementerian Perdagangan, dan Badan Ekonomi Kreatif.

Untuk pameran ini, ia membidik target pengunjung satu juta orang, dengan transaksi sekitar Rp1 triliun. "Tahun lalu, jumlah pengunjung tercatat 631.535 orang, dengan total nilai transaksi Rp650 miliar," ungkapnya.