Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 29 Agustus 2017 | 17:06 WIB
  • Syarat Jadi Bodyguard Online Mytra Guard

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Afra Augesti
Syarat Jadi Bodyguard Online Mytra Guard
Photo :
  • VIVA.co.id/Afra Augesty
Peluncuran jasa Mytra Guard

VIVA.co.id – PT Astra Graphia Information Technology atau AGIT, anak perusahaan PT Astra Graphia Tbk, resmi meluncurkan layanan sewa bodyguard daring bernama Mytra Guard untuk wilayah DKI Jakarta. Platform ini merupakan produk pertama dari Mytra yang menyediakan layanan tenaga keamanan profesional bersertifikasi dengan menggandeng PT Sigap Prima Astrea atau SIGAP.

Nantinya, bodyguard tersebut dapat dimanfaatkan oleh warga Jakarta pada saat-saat tertentu, seperti pengambilan uang tunai dalam jumlah ratusan juta di Anjungan Tunai Mandiri (ATM), menjaga rumah, atau mengawal kegiatan-kegiatan penting di luar rumah. Dengan hadirnya layanan ini, diharapkan orang tak kesulitan lagi apabila mereka ingin mendapatkan perlindungan keamanan pribadi.

Presiden SIGAP, Agus Pramono, mengatakan, tenaga keamanan yang disediakan oleh perusahaannya memiliki kriteria tertentu. Sebab, menjadi petugas satuan pengamanan (satpam) bukanlah pekerjaan yang mudah. Sama seperti pekerjaan lainnya, menjadi satpam memerlukan pelatihan khusus, seperti misal kemampuan bela diri yang setingkat sabuk cokelat.

"Pelatihan untuk anggota keamanan kami terdiri dari tiga tahap, yaitu pelatihan Gada Pratama (dasar), Gada Madya (penyelia), dan Gada Utama (manajer keamanan). Tempat pelatihannya ada di Sigap Training Center, di Cileungsi," ujar Agus saat berbincang dengan VIVA.co.id di Hong Kong Cafe, Gondangdia, Jakarta, Selasa 29 Agustus 2017.

Agus menjelaskan, untuk pelatihan Gada Pratama, bertujuan menghasilkan satpam yang memiliki sikap mental kepribadian, kesamaptaan fisik, dan memiliki pengetahuan serta keterampilan dasar sebagai pelaksana tugas satuan pengamanan.

Pelatihan Gada Madya, bertujuan untuk menghasilkan tenaga satpam yang memiliki sikap mental kepribadian, kesamaptaan fisik, dan memiliki pengetahuan dan keterampilan manajerial tingkat dasar dengan kualifikasi supervisor petugas satpam.

Sementara itu, terkait pelatihan Gada Utama, bertujuan untuk menghasilkan tenaga satuan pengaman yang memiliki sikap mental kepribadian, kesamaptaan fisik, dan memiliki pengetahuan serta keterampilan sebagai manajer atau chief security dengan kemampuan menganalisis tugas dan kegiatan, mengelola sumber daya, serta kemampuan pemecahan masalah dalam lingkup tugas dan tanggung jawabnya.

Agus mengatakan, keseluruhan petugas yang dilibatkan dalam penyedia jasa keamanan daring Mytra Guard ini juga sudah dibekali dengan asuransi dari perusahaan, sehingga tingkat keselamatan mereka pun juga harus diperhatikan terlebih dahulu.

"Kebetulan, para guard kami sudah ada (asuransi), ganti rugi pun kami pertimbangkan. Aksesnya sendiri bisa kami mintakan, mau dia asuransikan berapa dan seperti apa," kata Agus.

Dengan adanya kerja sama ini, Agus berharap satpam tak lagi dipandang sebelah mata dan posisinya bisa disejajarkan dengan polisi. Terlebih, aplikasi ini tidak menyulitkan seseorang dalam menghadirkan penjaga keamanan di lingkungan tempat tinggal pelanggan Mytra Guard.

Aplikasi ini sudah bisa diakses dengan mengunduhnya secara gratis melalui Google Playstore. Sementara itu, untuk pengguna iOS, aplikasi ini akan hadir dalam waktu dekat.