Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 20 September 2017 | 09:18 WIB
  • Indonesia Siap Kirim Wakil di Piala Dunia Startup 2018

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Bobby Agung
Indonesia Siap Kirim Wakil di Piala Dunia Startup 2018
Photo :
  • VIVA.co.id/Bobby Agung Prasetyo
Konferensi Pers Startup World Cup 2018

VIVA.co.id – Perusahaan modal ventura asal Silicon Valley, Fenox Venture Capital atau VC, bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif kembali menggelar acara Startup World Cup Regional Finale.

Ajang tersebut nantinya bakal menentukan siapa saja delegasi Indonesia dalam Grand Final Startup World Cup (SWC) tingkat dunia. Jika tembus, perwakilan Tanah Air akan bersaing dengan 30 delegasi regional lainnya dari enam benua di Silicon Valley, pusat startup teknologi itu.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf menuturkan, kiprah Indonesia di ajang tersebut patut diperhitungkan. Ia menyebutkan salah satu bukti yang terjadi pada ajang SWC 2016.

"Tahun lalu kita menjadi negara yang dipakai untuk kick off dan hasilnya tidak main-main, kita mendapat juara ketiga di Silicon Valley," ujarnya, di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Selasa 19 September 2017.

Triawan menjelaskan peluang startup asal Indonesia melalui ajang ini tak sekadar menyabet hadiah, tapi manfaat lain seperti relasi.

"Ini bukan hanya memenangkan, tapi membuka network dan wawasan lalu membaginya ke teman-teman di Indonesia. Kualitas semakin ketat, mudah-mudahan kita mendapat kandidat juara," kata Triawan.

SWC Regional Finale salah satunya terdiri atas presentasi Wild Card Round. Tiga kandidat terpilih dari tahap ini akan dikirim ke Silicon Valley untuk menghadiri konferensi SWC Final di San Fransisco Marriott Marquis, California, Amerika Serikat pada Mei 2018.

Adapun sepuluh startup terpilih dari Asia Tenggara, nantinya akan maju berkompetisi menuju Grand Final SWC 2018. Pemenangnya akan memperebutkan hadiah utama dalam bentuk investasi dari Fenox VC senilai US$1 juta atau Rp13,3 miliar.