Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 21 November 2017 | 10:55 WIB
  • Empat Aplikasi Jagoan Telkomsel The NextDev 2017

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Siti Sarifah Alia
Empat Aplikasi Jagoan Telkomsel The NextDev 2017
Photo :
  • Dok. Tsel
Final The NextDev 2017

VIVA – Empat aplikasi akhirnya terpilih sebagai jagoan dari ajang The NextDev tahun ini. Keempat aplikasi itu dianggap telah memenuhi syarat untuk masing-masing bidang yang dikompetisikan, baik e-health, e-education, e-agriculture dan e-transport.

Telkomsel menjelaskan, aplikasi buatan anak muda Indonesia ini telah melewati berbagai tahapan seleksi sejak Juli 2017. Mereka adalah Cekmata, Squline, Karapan dan Marlin Booking. 

"Keempat aplikasi terbaik ini dinilai memiliki kemampuan untuk memberikan solusi bagi masalah-masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat. Mereka juga telah menyisihkan 20 finalis lainnya. Semoga aplikasi-aplikasi ini dapat memberikan dampak langsung yang positif terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya di bidang kesehatan, pendidikan, agrikultur, dan transportasi," ujar Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah di Jakarta, kemarin malam.

Dalam keterangannya, Cekmata merupakan aplikasi karya orang Surabaya. Aplikasi ini berbasis machine learning yang dapat mendeteksi katarak dini atau akut pada mata. Aplikasi ini mampu mengestimasi penyakit katarak pada pengguna dengan tingkat akurasi 75 sampai 85 persen.

Sedangkan Squline merupakan aplikasi pendidikan berbasis website yang menawarkan jasa guru asing profesional dengan pembelajaran yang terpercaya dan memberikan pendidikan berkualitas. Selain itu, Squline menyediakan metode pembelajaran yang mampu mempercepat proses belajar bahasa dan interaksi dengan guru. Pengembangnya adalah tim dari Jakarta.

Karapan yang berasal dari Surabaya adalah aplikasi platform e-commerce peternakan modern yang menyediakan produk daging dari peternak lokal berkualitas dan terjamin kehalalannya. Aplikasi ini juga dapat membantu para peternak dalam mengelola peternakan, serta mampu menghubungkan para peternak dengan calon pembeli daging sapi, dan para investor yang ingin menginvestasikan dana dalam bisnis peternakan sapi.

Sedangkan Marlin Booking adalah aplikasi buatan orang Batam yang dapat mempermudah untuk melakukan pemesanan tiket kapal feri secara online. Saat ini Marlin Booking telah melayani pemesanan feri untuk rute Batam-Singapura-Johor.

Ririek menuturkan, setiap tahunnya kompetisi The NextDev terus menelurkan aplikasi digital yang inovatif. Hal ini menunjukkan tingginya kreativitas anak muda Indonesia untuk mencari solusi menggunakan teknologi bagi permasalahan yang ada di lingkungannya. Ini sesuai dengan upaya Telkomsel dalam membangun ekosistem digital di Indonesia, yang mana salah satu komponen utamanya adalah kehadiran berbagai aplikasi yang berkualitas ciptaan anak negeri.

Empat aplikasi terbaik The NextDev 2017 mendapatkan hadiah utama berupa 7M (Market Access, Marketing, Mentoring, Management Trip, Money, Monetizing dan Match Expert), dan bersama dengan finalis lainnya akan mengikuti pelatihan lanjutan dari Telkomsel dalam program The NextDev Academy.

Program ini akan mengasah dan mempertajam kualitas aplikasi yang diciptakan startup. Dengan berpartisipasi dalam akademi ini, para finalis The NextDev akan berkesempatan untuk meningkatkan skala social technopreneurs melalui pengembangan diri dan peningkatan kemampuan di bidang research and customer development, design sprint, branding, product development, serta business model and bootstrapping.