Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 2 Desember 2017 | 15:03 WIB
  • Mau Kerja Sambilan, Aplikasi Ini Bisa Jadi Solusi

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
Mau Kerja Sambilan, Aplikasi Ini Bisa Jadi Solusi
Photo :
  • Dok. Gawe
Aplikasi Gawe.

VIVA – Tiga anak muda, Kurniawan Aryanto, Elroy Hafidi Hardoyo dan Budiarto Harsono, mendirikan perusahaan rintisan atau startup dan membuat aplikasi bernama Gawe.

Aplikasi ini mempertemukan kebutuhan antara pengusaha kecil dan menengah soal kebutuhan tenaga kerja harian, dengan orang yang membutuhkan pekerjaan sementara (temporary job).

Menurut Aryanto selaku Co-founder Gawe, saat ini banyak bermunculan aplikasi tentang pekerjaan, tapi sayangnya belum ada aplikasi yang bisa menghadirkan kebutuhan mengenai pegawai sementara (temporary employee) secara real time.

Sementara dengan berkembangnya usaha online seperti sekarang, sangat dibutuhkan ketersediaan karyawan sementara yang bisa dikontak dengan cepat.

"Misalnya, ketika pengusaha membutuhkan tenaga kerja untuk order yang lagi banyak, maka pegawai harian ini bisa langsung datang dan bekerja," kata Aryanto di Jakarta, Sabtu, 2 Desember 2017.

Ia mengatakan, dari sisi pengusaha kecil dan menengah, ketersediaan pekerja harian dapat meringankan biaya beban perusahaan dari sisi sumber daya manusia (SDM), karena tidak semua pekerjaan membutuhkan karyawan permanen.

Tiga pemuda yang menciptakan aplikasi Gawe.

"Lalu, untuk tenaga kerja, dengan adanya banyak pemutusan hubungan kerja (PHK) akhir-akhir ini, Gawe sangat dibutuhkan karena bisa menopang kehidupan sehari-hari, saat sedang menunggu untuk mendapatkan kembali pekerjaan permanen," paparnya.

Co-founder Gawe lainnya, Budiarto Harsono, menjelaskan aplikasi ini diluncurkan pada 17 November 2017, dan diharapkan bisa segera menjangkau seluruh wilayah Jabodetabek.

Setelah konsep Gawe terbukti berjalan, mereka akan segera mencari pendanaan Seri A melalui dana ventura.

Budiarto mengungkapkan saat ini sudah ada yang mendekati, namun mereka ingin mencari partner yang mempunyai visi yang sama dalam membangun dan mengembangkan aplikasi Gawe.

"Value and purpose dari aplikasi ini adalah mempertemukan pengusaha UKM dengan tenaga kerja yang memang membutuhkan kerja. Kalau tenaga kerja tersebut nantinya mendapatkan tawaran pekerjaan tetap, ya, itu akan menjadi hak mereka," jelasnya.

Ke depan, Budiarto menargetkan Gawe bisa digunakan oleh masyarakat di Asia Tenggara. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Gawe, bisa meng-klik website gawe.asia.