Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 7 Desember 2017 | 14:03 WIB
  • Libatkan Alumni, UI Bentuk Perusahaan Pendanaan Startup

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Lazuardhi Utama
Libatkan Alumni, UI Bentuk Perusahaan Pendanaan Startup
Photo :
  • www.pixabay.com/geralt
Ilustrasi startup.

VIVA – Pembentukan usaha rintisan atau startup semakin menarik untuk diikuti dan digeluti. Tidak heran jika banyak perusahaan yang kemudian menggulirkan dana guna kelangsungan startup lokal, seperti inisiatif yang dilakukan beberapa alumni dari Universitas Indonesia.

Beberapa alumni itu membentuk Usaha Inovasi Ventura, yang disingkat menjadi UI Ventures, yang dipelopori oleh Senior Managing Director Creador, Cyril Noerhadi, Presiden Direktur dari Mandiri Capital Indonesia, Eddi Danusaputro, Managing Partner Aseggaf Hamzah and Partner, Ahmad Fikri Assegaf dan Country Head Director Nomura, Omar Anwar.

UI juga turut serta dalam pembentukan UI Ventures ini melalui salah satu perusahaan milik UI yaitu PT. Makara Mas. UI Ventures diharapkan dapat menjadi sumber pendanaan bagi para startup yang diinisiasi oleh dosen maupun mahasiswa di lingkungan UI.

Selain pengembangan usaha, UI juga melakukan beberapa kerja sama baik di bidang akademis, pemerintahan maupun kerja sama bisnis. 

"Universitas Indonesia (UI) sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum telah memiliki otonomi dalam beberapa hal termasuk mengelola dana secara mandiri, mendirikan badan usaha serta mengelola dana abadi. Untuk itu UI melakukan beberapa kerja sama serta mengembangkan beberapa usaha untuk meningkatkan pendapatan bagi universitas," ujar Wakil Rektor Bidang SDM, Pengembangan, dan Kerja Sama UI, Hamid Chalid dalam keterangannya di Malam Kemitraan Universitas Indonesia di Jakarta, kemarin.

Sebelumnya,  Hamid menuturkan institusinya membantu pendanaan bagi perusahaan rintisan atau startup yang berada di bawah pembinaannya. Namun, ia enggan mengungkap angka untuk startup itu.