Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 8 Desember 2017 | 07:48 WIB
  • Punya Duit Rp120 Juta, Sudah Bisa Bikin Startup

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
Punya Duit Rp120 Juta, Sudah Bisa Bikin Startup
Photo :
  • Dok. Telecreative
Startup Telecreative.

VIVA – Menjamurnya perusahaan rintisan atau startup dengan beragam model bisnis di Indonesia ternyata menjadi berkah bagi sekelompok anak muda.

Memiliki latar belakang sebagai web developer, Reinaldy Agung Pramuditha dan beberapa temannya mendirikan startup bernama Telecreative pada Agustus 2017.

Ia mengatakan, berdirinya Telecreative karena ingin membantu dan memfasilitasi orang yang mau membangun startup.

"Kita bangunkan website developer dan mobile apps-nya," katanya kepada VIVA, Kamis, 7 Desember 2017.

Reinaldy menuturkan jika bisnis dan kegiatan yang berkutat di perusahaan-perusahaan startup ini juga semakin berkembang. Namun faktanya, bertumbuhnya startup ini terkendala dari sisi teknologi.

Apalagi pemerintah sedang gencar menggalakkan 1.000 startup, yang artinya, tidak mungkin startup berdiri tanpa campur tangan teknologi.

"Inilah yang mendasari berdirinya Telecreative untuk menghadirkan solusi tadi. Bisnis kami memang fokus membantu siapa pun yang ingin membangun startup namun terbentur keterbatasan penguasaan teknologi digital," ungkap pria yang menjabat sebagai chief marketing officer Telecreative.

CMO Telecreative, Reinaldy Agung Pramuditha.

CMO Telecreative, Reinaldy Agung Pramuditha.

Meski baru berumur empat bulan, namun sudah mampu 'melahirkan' empat startup yang bergerak di sektor pendidikan, teknologi keuangan (financial technology/fintech) dan marketplace.

Reinaldy juga mengungkapkan biaya untuk membangun sebuah startup dibuka dari harga Rp120 juta dengan lama pembuatan website developer dan mobile apps selama satu bulan.

"Itu yang standard. Yang rumit itu fintech dan marketplace. Harganya pasti beda karena disesuaikan dengan ide dan memakan waktu bisa sampai 2,5 bulan," papar Reinaldy.

Mengenai sistem pembayaran, ia mengaku term-nya mudah karena cukup menyerahkan uang muka sebesar 30 persen dan sisanya yang 70 persen bisa dicicil selama 6 bulan.

"Kami ingin memudahkan startup yang keterbatasan dana,” tuturnya. Dalam menyambut 2018, Reinaldy mengaku sedang mengerjakan lima startup dan menargetkan bisa membantu 200 startup baru.

Tidak hanya website developer dan mobile apps, Telecreative juga siap membantu dari segi multimedia yang mencakup desain animasi, graphic design, brand awareness solution, serta logo rebranding.