Tiga Tips Mudah Bikin Sehat Baterai Smartphone

Wajib perhatikan ketahanan baterai
Sumber :

VIVA.co.id – Konsumen sering mengeluhkan baterai yang cepat soak. Bila mengalami hal demikian, konsumen tak jarang menyalahkan vendor smartphone, mereka kadang menuding kualitas baterai smartphone buruk. Tapi sebenarnya, ada pola 'kesehatan' baterai yang tidak dijaga dan dikontrol oleh penggunanya, sehingga menyebabkan baterai menjadi soak. 

Kaca Anti Pecah untuk Layar Ponsel, Bisa Jadi Panel Surya

Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Ahmad Irfan mengatakan, ada tiga hal penting yang dilakukan oleh pengguna agar baterai smartphone tetap sehat. Cara yang dikemukakan pun cukup mudah. 

Pertama, kata dia, gunakan charger baterai yang asli. "Asli dari boks-nya," ujar Ahmad saat ditemui saat peluncuran Samsung Galaxy J Prime di Hotel Shangri La, Jakarta, Jumat 18 November 2016.

Mitos dan Fakta Baterai Ponsel Awet

Kemudian, Ahmad mengatakan, yang penting diperhatikan adalah pengisian daya. Ahmad menyarankan diupayakan jika baterai sudah 100 persen, smartphone segera dilepas dari charger. Ahmad mengatakan,  meski smartphone tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi quick charge, tetap sebaiknya melakukan hal tersebut dalam pengisian daya. "Untuk aman aja sih," kata dia. 

Terakhir, konsumen harus menghindari smartphone dari sinar matahari langsung. Seperti penyimpanan di dekat jendela, di dalam mobil, dan tempat lainnya yang memicu smartphone 'berjemur'. Sebab, perlakuan itu menyebabkan efek buruk, yaitu baterai mengembang dan lebih buruk mungkin akan meledak. 

Rahasia Kelam di Balik Fast Charging Smartphone
Ngecas baterai ponsel.

Cara Menemukan Ponsel Hilang Meski Baterai Mati

Ada salah satu ikhtiar yang bisa Anda lakukan untuk mencari ponsel yang hilang meski baterai mati atau habis daya.

img_title
VIVA.co.id
5 Januari 2022