14-12-1962: Pesawat Pertama Berhasil 'Taklukkan' Venus

Ilustrasi pesawat antariksa Marine 2
Sumber :
  • www.nasa.gov

VIVA.co.id – Amerika Serikat menapaki sejarah antariksa. Pesawat Amerika Serikat, Marine 2 pada 14 Desember 1962 berhasil terbang melintasi Planet Venus. 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Marine 2 merupakan pesawat antariksa pertama yang berhasil mendekati Planet Venus. Pesawat ini juga merupakan pesawat antarplanet yang tergolong sukses untuk pertama kalinya.

Marine 2 merupakan pesawat antariksa dari program NASA Mariner yang sukses. Pesawat ini adalah versi sederhana dari pesawat antariksa Block I dari program Ranger dan salinan dari pesawat antariksa Mariner 1. 

Dua Peristiwa akan Terjadi Malam Ini

Dikutip dari Todayinsci, Selasa 13 Desember 2016, saat mendekati Venus, pesawat Marine 2 berada pada jarak 34 ribu kilometer dan saat itu berhasil mengirimkan informasi berharga dari Venus untuk pertama kalinya. 

Saat melintasi Venus, Marine 2 mampu mengirim informasi tentang ruang antarplanet dan bisa menginformasikan Venus merupakan planet yang sangat panas bersuhu sekitar 500 derajat celsius, padat dan atmosfer sebagian besar dipenuhi karbon dioksida. Soal suhu, NASA mencatat permukaan Venus mencapai 400 derajat celsius dan tekanan permukaan lebih dari 300 kali dari yang ditemukan di Bumi. 

Ada Persamaan antara Bumi dengan Venus

Pada saat itu, Marine 2 juga untuk pertama kalinya mampu mengukur kepadatan, kecepatan, komposisi dan variasi angin surya di Venus. Pesawat ini juga berhasil menemukan bahwa Venus lemah dengan sabuk radiasi dan medan magnetik. 

Pesawat Marine 2 diluncurkan dengan menumpang roket Atlas-Agenda dari fasilitas Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat pada 27 Agustus 1962. Kurang dari empat bulan kemudian, 14 Desember, Marine 2 berhasil memasuki orbit Venus

Marine 2 tercatat hilang kontak pada 3 Januari 1963, dan secara total pesawat ini menjalankan misinya selama 129 hari. 

Untuk misi selanjutnya, Marine 3 dan 4, NASA menempatkan untuk mempelajari Planet Mars. Baru kemudian pesawat Marine 5, NASA kembali mengirimkan pesawatnya itu ke Venus. Marine 5 terbang dengan perlengkapan dan instrumen yang berbeda dari Marine 2, Malah Marine 5 mampu dua kali melintasi Venus pada 19 Oktober 1967.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya