Deretan Teknologi yang Dinanti di 2017 (II)

sensor mata
Sumber :

VIVA.co.id – Di era digital seperti saat ini, tentu kita senantiasa menanti perkembangan teknologi yang terbaru, khususnya yang akan menjadi tren pada 2017. Beberapa teknologi yang sempat menghiasi pada tahun ini akan mencapai puncak popularitasnya pada tahun depan.

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

Teknologi seperti Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), hingga Artificial Intelligence (AI) tentu Anda sudah mengetahuinya dalam beberapa bulan terakhir, khususnya AR yang menyita perhatian masyarakat dunia melalui kepopuleran game Pokemon Go.

Meski beberapa teknologi telah hadir dan dirasakan oleh masyarakat, namun diprediksikan teknologi-teknologi tersebut masih dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melahirkan inovasi-inovasi baru pada 2017.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Berikut deretan tren teknologi yang diperkirakan akan menghiasi sepanjang 2017, dikutip dari Mashable, 29 Desember 2016:

1. Keamanan, Privasi, dan Biometrik

Hadapi Tantangan Melalui Inovasi

Entah sudah berapa banyak berita buruk yang berkenaan dengan keamanan, privasi, dan biometrik ini sepanjang 2016. Mulai dari data privasi pengguna yang masih bisa dibobol.

Maka pada 2017 akan menjadi pelengkap untuk keamanan, privasi, dan biometrik. Sehingga data privasi pengguna tidak dalam situasi yang mengkhawatirkan karena rentan dibobol peretas. Kata sandi berupa biometrik, misalnya sidik jari, wajah, mata, atau lainnya bisa dimanfaatkan sebagai enkripsi.

Fitur biometrik Eyeprint ID pada Grand S3 ZTE

2. Generasi Transportasi

Uber, Google, hingga sebuah startup bernama nuTonomy adalah deretan perusahaan yang tengah merancang mobil tanpa sopir (self-driving) atau dikenal dengan mobil otonom. nuTonomy merupakan yang pertama menguji mobil otonom mengaspal di jalanan Singapura pada Agustus 2016.

Meski demikian, mobil-mobil otonom itu belum bisa dirasakan oleh masyarakat luas, karena masih pengujian, regulasi soal mobil tanpa sopir belum ada, dan peningkatan aspek keselamatan. Maka dari itu, 2017 merupakan tahun pembuktian eksistensi mobil otonom di jalanan negara dunia.

3. Data dan Fakta

Teknologi yang dapat memverifikasi data dan fakta adalah yang ditunggu masa mendatang, terlebih akhir-akhir ini bertebaran informasi palsu yang bisa menyesatkan pembaca.

Dengan begitu, banyak pertanyaan tentang berita palsu dan fakta, data dapat menjadi kunci untuk mengidentifikasi kebenaran dalam bidang ketidakpastian. Tentu hal ini masih bergantung pada perusahaan yang ingin melahirkan ide-ide menarik untuk memanfaatkan teknologi guna memisahkan fakta dan fiksi.

4. Personal Streaming

Kebutuhan streaming terus mengalir seiring dengan adanya layanan yang menyediakan konten-konten tersebut. Namun, personal streaming yang disediakan tentu sangat mengagumkan. Mashable mengatakan bisa saja ada media sosial atau perusahaan teknologi yang menawarkan personal streaming yang bisa dipadu untuk meningkatkan fesyen sekaligus merekam.

5. Pakaian Pintar

Perangkat sandang atau wearable telah muncul melalui jam tangan sampai gelang, tapi bagaimana jadinya kalau pakaian seperti kaos, mantel, pakaian dalam, sampai sepatu dapat memberikan informasi dan dampak yang berguna bagi pemakainya. Dan, itu mungkin saja hadir pada 2017. 


Sepatu pintar besutan start up LeChal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya