13-2-1946: ENIAC, Cikal-Bakal Komputer Digital Dunia Lahir

Seorang engineer sedang memeriksa kerusakan pada ENIAC
Sumber :
  • upenn.edu

VIVA.co.id – Cikal bakal komputer elektronik digital ternyata muncul pada 1946, lewat ENIAC. Itu adalah kepanjangan dari Electronic Numerical Integrator and Calcuator (ENIAC) dan pertama kali di demonstrasikan pada 13 Februari 1946.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Demonstrasi itu dilakukan di Moore School of Electrical Engineering di University of Pennsylvania, oleh John W. Mauchly dan J. Presper Eckert. Saking besarnya, mesin itu membutuhkan ruang berukuran sangat besar.

Kehadiran ENIAC terjadi pada Perang Dunia ke-2, yang awalnya merupakan proyek militer rahasia, yang dikenal dengan nama Project PX. ENIAC sangat bersejarah karena merupakan cikal bakal industri komputasi elektronik di dunia.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Dalam demonstrasinya, dikutip dari TodayInsci, ENIAC mampu menghadirkan komputasi digital berkecepatan tinggi, hanya dengan menggunakan tabung kedap udara (vacum tube). ENIAC membutuhkan sekitar 17.468 tabung vakum., 7.200 diode kristal, 1.500 pemancar, 70.000 resistor, 10.0000 kapasitor dan sekitar 5 juta sambungan yang disolder dengan tangan.

Berat ENIAC sekitar 27 ton dan ukurannya 2,4 m x 0,9 m x 30 m. ENIAC mengambil luas sekitar 167 meter persegi dan mengonsumsi energi sebesar 160 kW.

Kampung Ini Jadi Tempat Koleksi Kamera Terbesar di Dunia

Komputer digital pertama ini memang memiliki ciri utama, yakni penggunaan tabung hampa udara sebagai penguat sinyal. (hd)

Koper bertenaga AL

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Koper AI tenaga canggih ini juga menawarkan umpan balik kepada para penggunanya, yakni tunantera baik melalui komponen percakapan bawaan, serta sensor haptik di pegangan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2023