16-2-1968: Peresmian Nomor Layanan Darurat '911'

Ilustrasi 911.
Sumber :
  • www.pixbay.com

VIVA.co.id – Nomor telepon darurat merupakan satu atau beberapa nomor telepon yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat oleh masyarakat umum untuk mendapatkan bantuan dari berbagai pihak seperti polisi, pemadam kebakaran dan pertolongan medis evakuasi ke rumah sakit. Di banyak negara hanya ada satu nomor telepon darurat sehingga mudah diingat.

Mau Lapor Kejahatan, Ini Nomor Telepon Baru Polisi di Jakarta Selatan

Tentunya angka 911 familiar jika didengar dan dilihat, ya tiga nomor tersebut adalah nomor telepon layanan darurat pertama dan diadopsi oleh Amerika Serikat (AS).

Tepat 49 tahun yang lalu, 911 dipilih oleh Federal Communications Comission (FCC) sebagai nomor darurat. Alasannya, mudah diingat dan angkanya pendek, ungkap laman History.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Kongres Amerika Serikat pun setuju mendukung 911 sebagai nomor darurat nasional dan membuat aturan yang menetapkan 911 adalah angka spesial untuk layanan panggilan darurat. Kantor pusat dibuat oleh Bell System untuk mengembangkan infrastruktur sistem 911.

Pada tanggal 16 Februari 1968, Senator Alabama Rankin Fite membuat panggilan pertama di Amerika Serikat tepatnya di Haleyville, Alabama.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Akhirnya, 911 secara cepat menyebar ke seluruh negara. Tahun 1979, sekitar 26 % dari populasi Amerika Serikat menggunakan layanan darurat 911. Tahun 1987, meningkat menjadi 50 % dan tahun 1999, 93 % populasi Amerika Serikat menggunakan 911. (ren)

Koper bertenaga AL

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Koper AI tenaga canggih ini juga menawarkan umpan balik kepada para penggunanya, yakni tunantera baik melalui komponen percakapan bawaan, serta sensor haptik di pegangan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2023