16-6-1963: Wanita Pertama Sampai di Antariksa

Valentina Tereshkova
Sumber :
  • www.space.com/NASA

VIVA.co.id – 54 Tahun lalu sejarah tercipta bagi kaum hawa. Letnan Valentina Tereshkova yang masih berusia muda, 26 tahun, menjadi wanita pertama di antariksa. 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Tereshkova meluncur ke luar angkasa dari landasan peluncuran rahasia Uni Soviet di Baikonur, area Asia tengah, melalui pesawat antariksa Vostok VI.

Dikutip dari BBC, Kamis 15 Juni 2017, Tereshkova terbang ke antariksa untuk menjalankan salah satu misi utama yakni mencoba manuver docking pertama dengan pesawat antariksa lain. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Pesawat yang diawaki Tereshkova akan docking dengan pesawat antariksa Vostok V yang sudah meluncur ke antariksa dua hari sebelumnya. Di dalam Vostok V sudah ada kosmonaut pria, Kolonel Valery Bykovsky. 

Keberhasilan peluncuran Tereshkova menjadi kebanggan Uni Soviet. Perdana Menteri Uni Soviet, Nikita Khrushchev mengucapkan selamat kepada Tereshkova melalui komunikasi radio. Sang pemimpin Uni Soviet mengatakan bangsa bangga dengan pencapaiannya. 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Selama menjalankan misi, Tereshkova telah menyelesaikan 49 orbit Bumi, atau setara dengan jarak 1,25 juta mil dalam dua hari, 22 jam dan 50 menit. 

Sedangkan Bykovsky menyelesaikan 82 mengorbit Bumi dengan jarak yang ditempuh 2,06 juta mil dalam empat hari, 23 jam dan 54 menit. 

Kedua kosmonaut itu mendarat selamat dengan menggunakan parasut dua hari setelah peluncuran Tereshkova. Keduanya mendarat di Kazakhstan. 

Sambutan meriah kesuksesan pendaratan wanita pertama di antariksa terjadi di darat. Ribuan gambar Tereshkova dipajang di Lapangan Merah, Moskow merayakan pencapaian tersebut. 

Tereshkova yang merupakan mantan pekerja tekstil dipuja oleh pimpinan Uni Soviet dan menjadi aktif di Partai Komunis. Dia tidak pernah kembali ke ruang angkasa setelah menjalankan misi tersebut.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya