Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 6 Juli 2017 | 01:42 WIB
  • 11 Binatang Bernama Presiden Amerika Serikat

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
11 Binatang Bernama Presiden Amerika Serikat
Photo :
  • www.livescience.com
Neopalpa donaldtrumpi

VIVA.co.id – Penemuan binatang baru pastinya diikuti dengan penamaan temuan tersebut. Umumnya binatang baru akan dinamai dengan orang yang menemukannya atau daerah tempat binatang tersebut ditemukan. 

Namun dari berbagai binatang ada yang dinamai dengan tokoh tertentu, sebagai penghormatan atau ciri-cirinya mirip dengan tokoh tertentu. 

Dalam sejarah, terdapat beberapa nama binatang yang dinamai dengan nama Presiden Amerika Serikat. Berikut beberapa nama binatang tersebut dikutip dari Live Science, Rabu 5 Juli 2017. 

1. Heterospilus washingtoni

Hewan ini merupakan tawon parasit yang hidup terutama di daerah Kosta Rika. Tawon ini dinamai dengan nama Bapak Amerika Serikat, George Washington. Genus Heterospilus termasuk golongan hewan yang beragam sebab telah ada 280 spesies dari genus ini yang sudah dikenal. 

Heterospilus washingtoni

2. Chesapecten jeffersonius 

Nama fosil kerang ini diambil dari nama Presiden AS ketiga, Thomas Jefferson. Naturalis Inggris, Martin Lister menerbitkan gambar sisa kerang yang belum diklasifikasikan pada 1687. Kemudian fosil itu dinamai dengan Chesapecten jeffersonius . Fosil ini merupakan fosil Amerika Utara pertama yang diterjemahkan dalam literatur ilmiah. 

Chesapecten jeffersonius

3. Genus Lincolna

Pada 1930, pakar entomologi Amerika, Alexandre Arsène Girault menamakan spesies baru dengan nama orang terkenal. Girault yang akhirnya menjadi warga Australia saat itu menamakan tawon parasit dengan nama Lincolna aldrovandii dan Lincolna sismondini. Nama Lincoln dalam hewan tergolong eksklusif, tercatat hanya ada dua spesies yang dilabeli dengan nama Presiden AS ke-16. 

4. Crocidura roosevelti

Nama Presiden Theodore Roosevelt menjadi nama tikus kecil di padang rumput Afrika Tengah dan Timur. Nama Roosevelt disematkan pada spesies tikus ini untuk menghormati kontribusi Presiden AS ke-26 yang telah melestarikan sumber daya alam, mendirikan Dinas Kehutanan AS dan menciptakan lima Taman Nasional baru, serta menempatkan lebih dari 230 juta hektare di bawah perlindungan federal. 

Crocidura roosevelti

5. Siriella roosevelti

Nama Presiden Franklin D. Roosevelt menjadi nama spesies udang krustasea. Penamaan ini disematkan ilmuwan Smithsonian pada 1938 meskipun FD Roosevelt kurang sukses mengkonservasi hewan pada masanya.

6. Etheostoma jimmycarter

Hewan ini merupakan ikan yang hidup di drainase Sungai Hijau di Kentucky dan Tennessee. Nama Presiden Jimmy Carter diabadikan pada ikan tersebut untuk menghormati kontribusinya dalam perluasan Sistem Taman Nasional termasuk perlindungan terhadap 104,3 juta hektare tanah Alaska. 

Etheostoma jimmycarter

7. Heterospilus reagani

Hewan ini merupakan spesies serangga. Nama hewan ini diambil dari nama Presiden Ronald Reagan. Spesies serangga ini hidup di daerah Kosta Rika dengan kira-kira 280 spesies jantan. 

Heterospilus reagani

8. Etheostoma clinton

Ilmuwan lingkungan Steven Layman menamai ikan ini dengan nama Presiden Bill Clinton pada 2012. Sama seperti dengan Clinton, ikan Etheostoma clinton berasal dari Arkansas. Ikan ini hidup di Sungai Ouachita bagian hulu dan Sungai Caddo bagian hulu. 

Penamaan itu Clinton ini untuk menghormati kontribusi Presiden AS ke-42 itu dalam pelestarian jutaan hektare hutan belantara dan hutan nasional. 

9. Agathidium bushi

Nama kumbang ini diambil dari nama Presiden George W. Bush. Mantan pakar entomologi Universitas Cornell,Quentin Wheeler menamai spesies itu dengan bush karena ingin menghormati kontribusi Bush. 

Pada 2005, Wheeler dia mengagumi pemerintahan Bush yang punya keberanian melakukan pekerjaan yang sulit dan tak populer demi memenuhi prinsip kebebasan dan demokrasi. 

10. Baracktrema obamai 

Hewan ini merupakan spesies cacing pilih parasit yang ditemukan di paru-paru kura-kura air tawar dalam Malaysia. Cacing ini diteliti dalam rangka studi ketahanan. 

Baracktrema obamai

11. Neopalpa donaldtrumpi

Sebuah spesies baru ngengat ditemukan dan dinamai karena penampilan kepala ngengat itu mirip dengan Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump. 

Pada kepala spesies baru itu, bulunya berwarna kombinasi putih-kuning, yang mengingatkan sang penemunya, Vazrick Nazari, pada penampilan khas Donald Trump. 

Nazari mengatakan spesies baru ngengat ditemukan saat dia mengobservasi spesimen ngengat di Bohart Museum of Entomology, Universitas California, Davis, AS. 


Neopalpa donaldtrumpi