Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 7 Juli 2017 | 01:00 WIB
  • Deretan Hewan Laut Mirip Kelamin Pria

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Deretan Hewan Laut Mirip Kelamin Pria
Photo :
  • www.gizmodo.com/J. Patrick Fischer/Wikimedia Commons
Hewan laut berbentuk mirip kelamin pria

VIVA.co.id – Dunia laut menyimpan banyak ragam binatang yang unik. Dilihat dari segi bentuknya, binatang laut banyak yang mirip kemaluan pria. Peneliti Museum Field Chicago, Amerika Serikat mengungkapkan deretan binatang laut yang bentuknya paling mirip dengan alat vital pria. 

Peneliti mengatakan, binatang berbentuk mirip alat kelamin pria itu menyembunyikan banyak informasi yang menarik dipelajari. 

"Binatang mirip kemaluan pria menunjukkan kepada kita jelas ada banyak keanekaragaman hayati luar biasa di lautan," ujar pakar biologi ikan, Caleb McMahan dikutip dari Gizmodo, Kamis 6 Juli 2017.

Berikut deretan binatang laut yang mirip kemaluan pria:

1. Priapulida

Binatang cacing ini berbentuk mirip alat vital pria. Namanya diambil dari Dewa Yunani, Priapus. Bentuk Priapulida mirip saat alat vital pria ereksi dengan keras dan konstan. Dalam mitologi Yunani, Priapusmerupakan dewa kesuburan. Cacing ini pada bagian salah satu ujungnya berbentuk bulu, sedangkan ujung satunya mirip alat vital pria. 

Manajer koleksi Divisi Invertebrata Field Museum, Jochen Gerber menjelaskan, sebagian besar Priapulida hidup di area sedimen. Cacing ini perlu bentuk yang ramping untuk memudahkan penggalian lubang. Gerber menuturkan, Priapulida hidup tak butuh organ seperti kaki dan lainnya. 

Hewan laut berbentuk mirip kelamin pria

2. Kerang Geoduck

Bentuk kerang ini memang seperti alat vital pria. Kerang ini merupakan salah satu kerang besar di dunia dan umumnya hidup di lumpur raksasa di pantai barat Amerika Utara. 

Kerang ini menggali bawah tanah dan menggunakan semacam sensornya untuk menyedot air dan menyaringnya untuk plankton.

Hewan laut berbentuk mirip kelamin pria

3. Thermarces cerberus 

Ikan ini seperti belut yang hidup di dalam air dekat dengan lubang hidrotermal. Warna ikan yang mirip dengan bentuk alat vital pria ini bisa menyesuaikan dengan lingkungan tinggalnya. Thermarces cerberus  juga bisa mengatasi suhu tinggi dari benda yang keluar dari lubang hidrotermal. 

Hewan laut berbentuk mirip kelamin pria

4. Cacing acorn

Hewan ini punya kelenjar seperti biji pohon oak atau ek yang ujungnya mirip dengan ujung kelamin pria. Cacing ini hidup bersembunyi pada sedimen seperti cacing laut lainnya.

Hewan laut berbentuk mirip kelamin pria

5. Urechis unicintus

Hewan ini termasuk golongan cacing, dan umum dinamai dengan ikan penis. Seperti cacing berbentuk mirip kelamin pria lainnya, Urechis unicintus hidup dengan menggali di pasir bawah laut. Cacing ini merupakan makanan yang umum tersedia di supermarket di Asia. 

Hewan laut berbentuk mirip kelamin pria

6. Trypauchen vagina

Meskipun namanya menggunakan nama kelamin wanita, ikan laut ini bentuknya mirip dengan kelamin pria. Ikan ini dikenal sebagai jenis ikan laut yang menggali dengan lihai atau ikan goby. 

Saat menggali, ikan ini memerah memanjang. Ikan ini hidup di lingkungan laut berpasir. Penampilan ikan ini dianggap mirip dengan Thermarces cerberus yang juga mirip dengan bentuk kelamin pria. 

Hewan laut berbentuk mirip kelamin pria

7. Kerang Verpa

Hewan ini dikenal dengan kerang air kerapu. Bentuknya mirip dengan alat kelamin dan punya riwayat unik dalam penamaannya. 

Awalnya kerang ini dinamai Serpula penis karena bentuknya. Serpula berarti ular kecil, tapi kemudian ahli biologi Prancis berpikir hewan ini masuk dalam genus yang berbeda. Ahli tersebut mengatakan seharusnya nama kerang ini adalah Penicillus penis. Penicillus sudah umum dipakai dalam moluska lainnya. 

Tapi Gerber menjelaskan, kemudian ahli dari Jerman, Peter Friedrich Roding meluruskan penamaan yang tepat. Roding memasukkan kerang ini dalam genus baru untuk hewan laut yang mirip dengan alat vital pria, dan akhirnya dinamai Verpa penis. Verpa merupakan istilah latin untuk alat vital pria. 

Hewan laut berbentuk mirip kelamin pria