Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 14 Juli 2017 | 05:20 WIB
  • 14-7-1965: Foto Pertama Planet Mars dari Jarak Dekat

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
14-7-1965: Foto Pertama Planet Mars dari Jarak Dekat
Photo :
  • www.nssdc.gsfc.nasa.gov
Foto pertama jarak dekat Planet Mars

VIVA.co.id – Untuk pertama kalinya foto atas Planet Mars dibuat pada 14 Juli 1965. Satelit Badan Antariksa Amerika Serikat, Mariner 4, pada hari itu berhasil memotret permukaan Mars dan mengirimkan foto tersebut ke Bumi. 

Menurut Todayinsci, Kamis 13 Juli 2017, satelit NASA itu mengambil foto dekat Planet Mars itu saat berada 134 juta mil dari Bumi dan 10.500 mil dari Mars. 

Foto dekat Mars pertama ini menampilkan gambar yang buram, hitam putih. Area dalam foto tersebut merupakan area sepanjang 330 kilometer dan lebar 1200 kilometer. Area dalam foto tersebut berlokasi dekat perbatasan Elysium Planitia di bagian barat dan Arcadia Planitia di bagian timur. 

Area foto yang kabur nyaris tak terlihat di bagian atas sisi kiri, kemungkinan merupakan awan. 

Tak mudah untuk mengirimkan foto jarak dekat Planet Mars itu ke pusat kendali misi di Bumi, laman Time menuliskan, butuh waktu 9 jam untuk mengirimkan kode untuk satu foto. Sementara satelit Mariner 4 saat itu mengirimkan total 21 foto wajah Mars dari jarak dekat. 

Proses untuk mendapatkan gambar foto yang utuh juga tak sesederhana yang dibayangkan. Mengingat rotasi Bumi selama waktu itu, tim berbeda harus dikerahkan untuk mengambil potongan berbeda dari transmisi Mariner 4. Potongan-potongan itu kemudian ditambal kembali sehingga keesokan harinya foto pertama Mars dari jarak dekat bisa dilihat utuh. 

Misi Mariner 4 sejatinya menjalankan tugas utama mempelajari atmosfer dan radiasi Mars. Misi tak berawak itu sempat terganggu dengan malfungsi pada awal perjalanan mendekati Mars. Bahkan pada saat hari pengiriman, muncul alarm palsu saat perekam yang memfoto tak berjalan dengan benar, sehingga pemotretan jarak dekat Mars sedikit terganggu. 

Time menuliskan, tiap gambar Mars yang dikirimkan dari 40 ribu titik, yang mana tiap titik diberi kode untuk menjadi salah satu dari 64 warna antara putih murni dan hitam murni. 

Satelit Mariner 4 diluncurkan untuk mempelajari Mars dari Cape Canaveral Florida, Amerika Serikat pada 28 November 1964. Satelit itu menumpang roket Atlas-Agena D. Kamera Mariner 4 dilengkapi dengan digital tape recorder. Satelit itu juga membawa instrumen untuk mempelajari debu kosmik, plasma matahari, jebakan radiasi, sinar kosmik, medan magnetik dan lainnya. (ren)