Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 21 Juli 2017 | 06:10 WIB
  • 21-7-1969: Manusia yang Mendarat di Bulan Kembali ke Bumi

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
21-7-1969: Manusia yang Mendarat di Bulan Kembali ke Bumi
Photo :
  • REUTERS/NASA/Handout
Neil Armstrong

VIVA.co.id – Setelah bertugas lebih dari 21 jam sejak mendarat di Bulan, astronaut Badan Antariksa Amerika Serikat, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin bersiap kembali ke Bumi.

Untuk kembali ke Bumi, Armstrong yang bertindak sebagai komandan misi dan Aldrin sebagai pilot Lunat Module, diminta untuk melakukan serangkaian persiapan. Dikutip dari Space, Kamis 20 Juli 2017, persiapan dimulai sejak pukul 4.25 pagi 21 Juli 1969 kala itu. 

Keduanya diperintahkan Mission Control untuk istirahat tidur di Lunar Module setelah sebelumnya berjalan di permukaan satelit Bumi selama 2,5 jam. 

Kala itu Armstrong tidur di tempat gantung di dalam wahana itu. Sedangkan Aldrin tidur di lantai Lunar Module. Setelah beristirahat, modul yang dinamai Eagle pada misi Apollo 11 bersiap lepas landas ke orbit Bulan untuk kembali Bumi. 

Di orbit, sudah menunggu astronaut lain misi Apollo 11, Michael Collins yang ada di pengorbit Columbia. 

Untuk memperlancar Lunar Modul yang disebut sebagai Eagle menuju orbit, misi memerintahkan agar beban Eagle dikurangi. Untuk itu, Armstrong dan Aldrin meninggalkan beberapa barang dalam misi pengamatan, termasuk dua kamera, perangkat 'ransel' keduanya, perangkat sistem pendukung kehidupan portabel sampai sepatu bot. Keduanya juga meninggalkan perangkat eksperimen dan membiarkan bendera Amerika Serikat terpancang di Bulan. 

Setelah beban dikurangi, akhirnya modul Eagle bisa lepas landas dari permukaan Bulan pukul 13.54 waktu setempat, sesuai yang direncanakan. 

Butuh waktu empat jam bagi Eagle untuk bertemu dengan pengorbit Columbia di orbit Bulan. Kedua wahana itu kemudian bertemu pada pukul 17.35. Setelah menyatu kembali ketiga awak Apollo 11, pada pukul 19.42, misi itu kemudian melepaskan wahana Eagle dan langsung meluncur menuju ke Bumi. Ketiganya kemudian mendarat di Samudera Pasifik pada 24 Juli 1969. 

Misi Apollo 11 merupakan penanda pencapaian peradaban manusia di Bulan. Sebab pada 20 Juli 1969, manusia untuk pertama kalinya berjalan di permukaan Bulan. Armstrong disusul Aldrin sampai di permukaan Bulan pada 16.18. Keduanya mendapat di area Mare Tranquillitatis, yang juga dikenal sebagai Sea Tranquility. (mus)