Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 24 Juli 2017 | 12:33 WIB
  • 24-7-1969: Neil Armstrong Mendarat di Bumi

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
24-7-1969: Neil Armstrong Mendarat di Bumi
Photo :
  • NASA
Astronaut Apollo 11 mendarat di Samudera Pasifik

VIVA.co.id – Misi pendaratan manusia ke Bulan berakhir tuntas dengan mendaratnya tiga awak astronaut Apollo 11 di sekitar 1503 kilometer barat daya perairan Hawaii, Samudera Pasifik, 24 Juli 1969. Astronaut Neil Armstrong, Buzz Aldrin dan Michael Collins menjadi perhatian dunia dalam menjalankan misi manusia pertama ke Bulan. Armstrong dan Aldrin berhasil sebagai orang pertama dan kedua yang mendarat di Bulan.

Dikutip dari NASA, Senin 24 Juli 2017, ketiga astronaut berhasil mendarat selamat di Bumi dengan menggunakan wahana Columbia, setelah tiga hari meluncur dari lingkungan Bulan. 

Begitu mendarat, ketiganya dijemput oleh tim penyelamat dan dipindahkan ke rakit atau perahu khusus evakuasi. Ketiganya disambut oleh seorang pasukan selam khusus Angkatan Laut Amerika Serikat. 

Kemudian mereka berempat mengenakan pakaian isolasi biologis dan diangkut dengan helikopter menuju sebuah kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat kelas Essex, USS Hornet. 

Sesampai di kapal induk, ketiganya tak langsung diterbangkan ke daratan Amerika Serikat. Mereka dikarantina selama tiga pekan di kapal induk tersebut.

Astronaut Buzz Aldrin mengaku bersyukur mereka bisa mendarat selamat setelah mencetak sejarah menginjakkan kaki di permukaan Bulan. 

"Kami merasa berdiri sebagai simbol keingintahuan tak terpuaskan dari semua umat manusia, dalam mengeksplorasi hal yang tak diketahui," ujar Aldrin sehari sebelum mendarat di Bumi. 

Misi Apollo 11 membawa pulang sampel tanah dan baru Bulan, untuk diteliti oleh ilmuwan. Misi ini juga merupakan penanda pencapaian peradaban manusia di Bulan. Sebab pada 20 Juli 1969, manusia untuk pertama kalinya berjalan di permukaan Bulan. Armstrong disusul Aldrin sampai di permukaan Bulan pada 16.18. Keduanya mendapat di area Mare Tranquillitatis, yang juga dikenal sebagai Sea Tranquility.