Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 28 Juli 2017 | 14:59 WIB
  • Tak Lama Lagi Isi Ulang Baterai Hanya Hitungan Detik

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Mitra Angelia
Tak Lama Lagi Isi Ulang Baterai Hanya Hitungan Detik
Photo :
  • http://www.ruangteknologi.com
Ilustrasi charge baterai.

VIVA.co.id – Peneliti dari Universitas Drexel, Philadelphia, Amerika Serikat, menemukan terobosan baru, agar baterai mobil, laptop maupun ponsel bisa diisi ulang, atau charger dalam hitungan detik.

Mereka menggunakan material nano bernama MXene. Dilansir Futurism, Jumat 28 Juli 2017, peneliti Drexel, Yuri Gogotsi mengatakan, MXene berukuran sangat kecil dan memiliki struktur berlapis yang terdiri dari karbon konduktif yang diletakkan di antara dua lapisan oksida.

Ia dan ilmuwan lainnya menggunakan hidrogel, agar ion-ion bergerak secara bebas pada MXene. Melalui teknik ini, mereka berhasil mengisi ulang elektroda-elektroda pada material nano dalam hitungan detik.

"Kunci sifat material adalah struktur dua dimensi dan kombinasi gel hidrogen dengan komponen logam oksida. Hal ini memungkinkannya menjadi cukup padat untuk melindungi terhadap radiasi dan air sementara," ujar Gogotsi.

Hanya saja masalahnya dengan MXene, ialah ion-ion yang membawa energi listrik untuk disimpan didalam baterai sangat lambat mencapai tujuannya, sehingga ini mengakibatkan diperlukan waktu berjam-jam untuk mengisi baterai.

Selain itu, masih ada satu kesulitan lagi yang perlu diatasi. Sebuah baterai yang dibuat dengan menggunakan teknik ini ukurannya akan sangat kecil.

Sehingga, perlu ditemukan sebuah cara untuk menyesuaikan semua uji coba yang telah dilakukan pada ukuran bateri ponsel dan mobil listrik sebenarnya.

Apabila mereka berhasil menemukannya, maka pengisian ulang baterai tersebut hanya akan memerlukan waktu beberapa detik saja. Belum diketahui final dari pengujian MXene sebagai material alternatif pengisi baterai dalam hitungan detik.