Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 2 Agustus 2017 | 19:06 WIB
  • Mengenal Wide Angle Selfie

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Mengenal Wide Angle Selfie
Photo :
  • Dok.Oppo
Reza Rahadian berfoto selfie bersama para penggemarnya

VIVA.co.id – Meski menjadi tren saat ini, belum ada kesepakatan siapa sebenarnya penemu selfie dalam istilah fotografi. Namun, sudah banyak varian selfie dan teknologi pendukungnya.

Selfie atau self picture mulai booming sejak munculnya smartphone dengan kamera ganda. Seiring dengan perkembangannya, selfie semakin dibutuhkan tidak hanya untuk mengambil wajah seseorang tapi banyak orang. Ini yang dinamaan Group Selfie. Untuk mendukung hal ini pun diciptakan lensa wide angle terintegrasi dalam smartphone.

Untuk membuat group selfie dibutuhkan wide-angle lens atau lensa sudut lebar. Lensa ini dapat menangkap objek bahkan lebih lebar dari pandangan mata. Artinya, objek yang ditangkap lebih banyak ketimbang lensa normal. Biasanya memiliki focal length antara 40 milimeter dan 58 milimeter untukmemenuhkan frame kamera.

Ini artinya, seperti dikutip dari How-to-geek, focal length lebih kurang dari 35 milimeter bisa dikatakan sebagai lensa wide angle. Semakin kecil focal length maka semakin lebar tangkapan layarnya. Sedangkan lensa dengan focal length kurang dari 24 milimeter dianggap sebagai ultra wide-angle lens.

Di Indonesia, istilah wide-angle selfie bisa dibilang dibawa oleh Oppo melalui seri F3. Oppo berani terang-terangan sebagai selfie expert karena merasa mengerti kebutuhan penikmat selfie. Salah satunya dengan mengusung kamera ganda untuk selfie

Kamera ganda di depan layar smartphone itu dianggap mendorong revolusi selfie ke tingkat yang lebih tinggi. Pasalnya, masing-masing kamera memiliki fungsi sendiri, tidak seperti smartphone lain yang menggunakan satu kamera untuk selfie

Kamera depan dengan lensa 6P memberikan tampilan pandang dua kali lebih besar dari pada kamera selfie biasa. Lensa 6P memecahkan tantangan Utama kamera depan untuk menangkap banyak orang dalam satu bingkai foto, namun mempertahankan kualitas gambar tingkat tinggi dengan distorsi gambar minimal. 

Kamera depan lainnya menggunakan resolusi 16 MP, sensor 1/3-inch dan aperture besar f / 2.0. Ini juga mewarisi keunggulan yang terlihat pada ponsel Selfie Expert sebelumnya, termasuk: dynamic range yang tinggi, kedalaman yang jelas dan noise yang minim. 

Selain itu, perangkat lunak seperti Smart Facial Recognition dan Beautify 4.0 berkontribusi untuk membuat OPPO F3 menjadi perangkat yang sangat dinanti untuk tahun 2017. Ditambahkan varian wide angle selfie menggunakan fitur panorama.

Dengan beberapa putaran pergelangan tangan, pengguna dapat mengambil foto dengan sudut pandang empat kali lebih lebar dengan kamera wide-angle 8MP dan menggabungkan tiga foto menjadi utuh dengan mulus, memastikan keseluruhan orang berhasil masuk ke satu frame gambar. (ren)