Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 5 Agustus 2017 | 06:00 WIB
  • 5-8-1930: Neil Armstrong Lahir

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
5-8-1930: Neil Armstrong Lahir
Photo :
  • REUTERS/Molly Riley/Files
Mengenang Neil Armstrong

VIVA.co.id – Hari ini merupakan tanggal khusus bagi manusia pertama di Bulan, Neil Armstrong. Pada 5 Agustus 87 tahun lalu, Armstrong lahir di Wapakoneta, Ohio, Amerika Serikat. 

Dikutip dari website NASA, Jumat 3 Agustus 2017, benih ketertarikan Armstrong kepada dunia antariksa sudah muncul sejak dia masih belia. Saat umur 6 tahun, Armstrong menaiki pesawat dan penerbangan itu membuatnya menyukai pesawat terbang. 

Ketertarikannya pada pesawat itu membawanya ke dunia militer. Saat dia kuliah di Universitas Purdue, Amerika Serikat, dia rela aktivitas kuliah ditinggalkan sementara untuk menjadi bagian dari Angkatan Laut AS. Keinginannya masa kecil terwujud.  Kala itu, Armstrong mendapatkan tugas menerbangkan pesawat saat pecah Perang Korea. 

Setelah menunaikan tugas negara itu, Armstrong kembali ke aktivitas kuliah dan menyelesaikan gelar sarjana teknik aeronautika. Kemudian dia melanjutkan pendidikan master untuk jurusan yang sama di Universitas Southern California, Amerika Serikat. 

Sebelum menjadi astronaut, Armstrong bekerja untuk sebuah tim yang mempelajari pesawat. Grup ini nantinya akan menjadi bagian dari Badan Antariksa AS atau NASA. Inilah yang menjadi pintu Armstrong bagi dunia antariksa. 

Armstrong menerbangkan beberapa pesawat, salah satunya adalah pesawat roket X-15 yang merupakan pesawat eksperimental. Dia juga membantu desain pesawat bagi NASA.

Armstrong masuk menjadi astronaut pada 1962, saat usianya 32 tahun. Dia merupakan kelompok astronaut kedua yang telah dipilih NASA. 

Peran sebagai astronaut menghampiri Armstrong, empat tahun setelahnya. Dia menjadi komandan misi Gemini 8 bersama dengan astronaut David Scott. Keduanya mencetak sejarah, sebagai astronaut pertama yang menghubungkan dan menyambungkan dua wahana di antariksa. 

Misi antariksa kedua yang dijalani Armstrong adalah misi Apollo 11 pada 1969 dengan astronaut Buzz Aldrin dan Michael Collins. Pada misi bersejarah ini, Armstrong juga mendapatkan tugas sebagai komandan misi. Misi ini sukses mendaratkan manusia pertama di Bulan, melalui kaki Armstrong dan kemudian diikuti oleh manusia kedua yang mendarat, Aldrin.   

Usai mencapai titik sejarah melalui misi Apollo 11, Armstrong kemudian pensiun dari NASA pada 1971, atau dua tahun usai mendarat di Bulan. Setelah pensiun dia menjadi pengajar di kampus sampai 1979. 

Setelahnya, Armstrong mengisi aktivitas sebagai pebisnis namun tetap aktif dalam forum kelompok studi antariksa dan aeronautika. 

Armstrong meninggal pada 25 Agustus 2012 pada usia 82 tahun. Dia meninggal komplikasi jantung. Armstrong dimakamkan di laut, abu jasadnya diletakkan di dalam guci berwarna coklat kekuningan kemudian dilarung oleh istrinya Carol Armstrong. Pemakaman jasadnya di laut merupakan wasiat Armstrong, yang merupakan seorang angkatan laut.