Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 8 Agustus 2017 | 05:42 WIB
  • 8-8-2007: Guru Pertama Menembus Luar Angkasa

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
8-8-2007: Guru Pertama Menembus Luar Angkasa
Photo :
  • NASA
Barbara Morgan, guru pertama yang sampai di antariksa

VIVA.co.id – 10 tahun lalu, misi antariksa pesawat ulang alik Amerika Serikat Endeavour sukses menerbangkan guru sekolah dasar, Barbara Morgan, ke antariksa. Keberhasilan itu menjadikan Morgan sebagai guru pertama yang mencapai antariksa. 

Setelah mencapai orbit usai diluncurkan, Kendali Misi di darat mengucapkan selamat kepada Morgan atas keberhasilannya mencapai antariksa. Misi ulang alik itu bertujuan mengirimkan awal ke Stasiun Antariksa Internasional. 

"Untuk Barbara Morgan dan kru lainnya, sedang dalam sesi kelas," kata Kendali Misi mengumumkan kesuksesan penerbangan dikutip dari Today in Science, Selasa 7 Agustus 2017. 

Selama misi di antariksa, Morgan berada di antariksa selama 305 jam atau 13 hari. Selama di luar Bumi itu, dia berbagi dan berkomunikasi dengan anak didiknya di Idaho, Amerika Serikat. 

Keberhasilan Morgan menjadi guru pertama yang menjalani misi antariksa menutup kegagalan guru sebelumnya, Christa McAuliffe, yang sedianya menjadi pendidik pertama di antariksa. 

McAuliffe meluncur ke antariksa 28 Januari 1986 dalam misi pesawat ulang alik Challenger. Namun nahasnya, 73 detik usai pesawat meluncur dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, Challenger meledak. Tujuh kru termasuk sang guru gugur. 

Keikutsertaan McAuliffe dalam penerbangan Challenger itu memang punya misi yang lebih dibanding kru yang lainnya. Sebagai pengajar, McAuliffe ingin misinya bersama Challenger bisa menggelorakan semangat sains siswa di AS. 

Barbara Morgan, guru pertama yang sampai di antariksa

Misi pengiriman guru ke antariksa memang menjadi program Presiden AS Ronald Reagan pada 1980-an. Pada 1985, Reagan mengumumkan program yang dinamakan Teachers in Space Project. 

Kala itu,  Christa McAuliffe dan Barbara Morgan terpilih sebagai kru guru astronaut dengan mengalahkan 10 ribu pelamar. Saat itu yang terpilih yakni McAuliffe, sedangkan Morgan sebagai cadangan. 

Begitu Tragedi Challenger, program Teachers in Space dihentikan, dengan alasan misi semacam itu berbahaya bagi pendidik. Menyusul penghentian program itu, Morgan kembali fokus mengajar. Pada 1998, NASA kemudian meminta Morgan kembali untuk dipersiapkan menjadi astronaut guru dan akhirnya bisa meluncur pada 8 Agustus 2007. (one)