09-08-1927: Lahirnya Tokoh Pencetus Kecerdasan Buatan

Ilustrasi teknologi kecerdasan buatan.
Sumber :
  • www.pixabay.com/PIRO4D

VIVA.co.id – Di zaman yang modern sekarang ini siapa yang tidak kenal istilah Artificial Intelligence. AI merupakan teknologi kecerdasan buatan yang disematkan pada perangkat untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih

Akan tetapi, AI ternyata sudah populer sejak 1950. Seorang ilmuwan biokimia, Marvin Minsky, berjasa mengenalkan teknologi ini.

Minsky, yang lahir pada 90 tahun silam, baru saja tutup usia pada 24 Januari 2016. Mengutip Today in Science, Minsky membangun sebuah laboratorium khusus AI di Massachusetts Institute of Technology, AS, pada 1959.

Alibaba Cloud Diskon Harga

Laboratorium ini menjadi salah satu konseptor utama di industri AI periode 1960-1970. Minsky banyak berkontribusi untuk AI, seperti bidang psikologi kognitif, matematika, linguistik komputasi, robotika, dan optik.

Tak hanya itu, ia juga memegang beberapa paten, termasuk untuk simulator jaringan syaraf pertama (SNARC, 1951), layar grafis pertama yang terpasang di kepala, mikroskop pemindai confocal pertama, termasuk tangan mekanik dan synthesizer atau 'Muse' untuk variasi musik.

Siap-siap, Berselancar di Mesin Pencari Google Tidak Gratis

Minsky melanjutkan gebrakan Alan Turing, seorang ahli matematika sekaligus pemecah kode di Perang Dunia II asal Inggris. Turing menjadi salah satu tokoh yang paling berpengaruh dalam pencetusan ide tentang teknologi AI pada 1950. (ase)

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Qualcomm Snapdragon X Plus diciptakan untuk berperforma di laptop-laptop dengan dukungan kecanggihan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024