15-8-1877: Awal Mula Kata 'Halo' pada Panggilan Telepon

Thomas Alva Edison dengan fonograf
Sumber :
  • Wikimedia.org

VIVA.co.id – Sudah jamak bagi pengguna ponsel saat ini mengucapkan kata 'halo' saat membuka atau menerima pembicaraan dengan lawan bicaranya di ujung telepon. Kata tersebut juga diucapkan saat tiba-tiba sambungan telepon terputus tiba-tiba. Kata ‘halo’ sudah identik dengan telepon.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

'Halo' memang terdengar sederhana. Namun muncul dan jamaknya penggunaan kata 'halo' cukup unik. Dikutip dari laman Wired, Senin, 14 Agustus 2017, kata 'halo' dalam perbincangan telepon pertama kali dikenalkan oleh Thomas Edison pada 15 Agustus 1877.

Kala itu Edison mengucapkan kata 'halo' untuk merespons pembicaraan lawan bicaranya di telepon, Presiden Telegraph Company. Edison menjawab kata 'halo' untuk merespons suara lawan bicaranya tersebut. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Edison menggunakan kata 'halo' bukan kata 'ahoy, ahoy' seperti yang diperkenalkan oleh sang penemu telepon, Alexander Graham Bell saat pertama kali melakukan panggilan telepon tercipta. 

Pada panggilan telepon pertama kali pada 10 Maret 1876, Bell memanggil asistennya, Thomas Watson yang berada di ruangan di Boston, Amerika Serikat. Watson mendengar panggilan telepon Bell yang memintanya untuk menemuinya. 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

"Watson, ke sini. Saya butuh kamu," ujar Bell dalam percobaan panggilan telepon saat itu dikutip dari laman Library of Congress.

Alexander Graham Bell melakukan panggilan

Alexander Graham Bell saat melakukan panggilan telepon pertama 

Setelah panggilan pertama itu, Bell mengusulkan kata untuk merespons panggilan dengan kata 'ahoy, ahoy'.  Tapi alih-alih meneladani Bell, Edison menggunakan kata ‘halo’.

Kata 'halo' kala itu memang bukan kata yang baru. Kata tersebut sudah dipakai untuk memerintahkan anjing berburu. Kata itu juga dipakai orang kala itu untuk berteriak kepada orang lain dari kejauhan. 

Sebelum 1877, kata halo sudah diperkenalkan sang pengelana Mark Twain dalam catatannya Roughing It, yang diterbitkan empat tahun sebelum Bell ,menciptakan panggilan pertama telepon. 

Enam tahun setelah kata 'halo' dipakai Edison dalam merespons panggilan telepon, kata tersebut masuk ke dalam kamus. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya