30-8-1983: Astronaut AS-Afrika Pertama di Luar Angkasa

Guion S. Bluford
Sumber :
  • NASA

VIVA.co.id – Nama Guion S. Bluford menjadi sangat dikenal, setelah dia melakukan perjalanan ke luar angkasa pada 34 tahun yang lalu. Ya, saat itu Bluford menjadi astronaut  Amerika-Afrika pertama yang pergi ke luar angkasa dengan menggunakan pesawat ulang alik Challanger.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Dilansir Today in Science, Selasa 29 Agustus 2017, Bluford terpilih menjadi astronaut dan Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA, memilihnya untuk berangkat dalam misi Space Shuttle Mission (STS) 8 Challenger pada 30 Agustus 1983. 

Pesawat ulang alik Challanger meluncur pada malam hari dan mendarat pada malam hari juga. Wahana tersebut sampai di orbit dalam waktu 145 jam, dan membawa Satelit Nasional India (INSAT-1B). Misi tersebut berjalan selama satu pekan, tepat pada 5 September, misi STS-8 berhasil pulang dengan mendarat dengan selamat.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Bluford ternyata tidak hanya sekali melakukan penerbangan ke luar angkasa. Pada 1992, Bluford telah menghabiskan 688 jam dengan empat pesawat luar angkasa.

Pada 1993, Bluford memutuskan mengundurkan diri dari NASA untuk kemudian menjadi Wakil Presiden dan General Manager NYMA, yang saat ini menjadi salah satu mitra NASA dalam menyediakan menyediakan perangkat hardware dan software dalam menjalankan misinya.

Kampung Ini Jadi Tempat Koleksi Kamera Terbesar di Dunia

Bluford sudah lama berkecimpung dalam dunia penerbangan. Salah satunya dia pernah menjadi pilot Angkatan Udara AS dan ditugaskan dalam misi Perang Vietnam. Lihat tautan di sini.

Koper bertenaga AL

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Koper AI tenaga canggih ini juga menawarkan umpan balik kepada para penggunanya, yakni tunantera baik melalui komponen percakapan bawaan, serta sensor haptik di pegangan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2023