07-08-1936: Harimau Tasmania Terakhir Mati

Seekor harimau sedang beristirahat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Setelah resmi dinyatakan punah hari ini 81 tahun silam, mungkin banyak yang tidak mengetahui tentang keberadaan Harimau Tasmania.

130 Tahun Dinyatakan Punah, Hewan Bertaring Ini Muncul Kembali

Yang menjadi pembeda Harimau Tasmania dengan harimau lainnya terletak pada anatomi ekor yang lebih panjang.

Dilansir Today in Science, Harimau Tasmania yang satu-satunya masih tersisa bernama Tasmania. Ia mati di Kebun Binatang Hobart, Tasmania, Australia.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Kematiannya sekaligus sebagai penanda bahwa mamalia pertama kali yang punah di salah satu negara bagian Australia itu adalah Harimau Tasmania.

Alkisah, Harimau Tasmania dimusnahkan secara sistematis oleh pendatang dari Eropa ke Australia. Mereka dianggap sebagai predator hewan ternak, sehingga keberadaan harimau ekor panjang itu tidak diinginkan.

Serigala Kloningan Pertama Telah Lahir di China

Kemudian, Harimau Tasmania dieliminasi di alam liar di mana beberapa di antaranya tetap hidup di kebun binatang. Namun, tidak ada upaya yang dilakukan untuk membiakkan spesies tersebut.

Akhirnya, satu-satunya yang tersisa, Tasmania, mati di kebun binatang yang letaknya di ibu kota negara bagian itu, Hobart.

Akan tetapi, baru-baru ini beredar video menunjukkan sebuah makhluk yang dianggap mirip Harimau Tasmania.

Ilmuwan masih menyelidiki dan melakukan pemantauan tanpa menyebutkan lokasi, sebab ditakutkan hal tersebut akan membahayakan bagi Harimau Tasmania, jika memang benar yang terlihat itu adalah mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya