8-9-1961: Terungkap, Rokok jadi Penyebab Jantung Koroner

Merokok dapat menyebabkan pengerasan arteri koroner.
Sumber :
  • REUTERS/Alexander Demianchuk

VIVA.co.id – Selama berpuluh-puluh tahun merokok sudah dinyatakan sebagai penyebab serangan jantung. Hingga sekarang pun riset lebih lanjut terus dilakukan, dan dinilai tidak ada manfaat untuk merokok.

Viral Terekam Seorang Wanita Diam-diam dan Santai Merokok di Dalam Pesawat

Pada 56 tahun silam, ilmuwan bernama Daniel J Nathan dan David M. Spain menemukan bahwa merokok dapat menyebabkan pengerasan arteri koroner. Sehingga muncullah penyakit jantung koroner dan berimbas ke serangan jantung.

Dilansir Today in Science, kedua ilmuwan tersebut mengumpulkan sebanyak tiga ribu pria perokok, dan menemukan 57 persen perokok berat menderita serangan jantung. Sementara perokok ringan masih di angka 31 persen dari total pria perokok yang dikumpulkan kedua peneliti tersebut.

Viral Pengendara Mobil Ngamuk karena Ditegur Merokok

Setelah mendalami riset terhadap penderita jantung koroner akibat merokok, mereka menyimpulkan bahwa perokok yang menghabiskan lebih dari 40 batang rokok setiap hari dan berusia di bawah 51 tahun, berpotensi terkena serangan penyakit jantung koroner hampir dua kali lipat.

"Ini tetap merupakan ‘pertanyaan terbuka’, apakah statistik tersebut adalah bukti bahwa perokok berat menjadi penyebab pengerasan arteri koroner," ujar Nathan dan Spain, ketika mengumumkan hasil risetnya pada 8 September 1961. (ren)

Tekan Prevalensi Merokok, Produk Tembakau Alternatif Sodorkan Solusi?
Vokalis Red Hot Chilli Peppers, Anthony Kiedis berlibur di Kepulauan Mentawai

Lagi Liburan, Vokalis RHCP Anthony Kiedis Sebat Bareng Warga Kepulauan Mentawai

Dalam foto yang dibagikan, Anthony Kiedis nampak sedang merokok dengan warga lokal daerah Mentawai yang mengenakan pakaian adat.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024